Sidak Lapas Teluk Kuantan, Kakanwil Temukan Napi Bergelantungan

  • Selasa, 29 November 2022 - 13:14 WIB


KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau menggelar sidak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Teluk Kuantan. Di sana ditemukan napi bergelantungan, Senin (28/11/2022).

Sidak ini digelar tengah malam, agar tidak diketahui para napi di Lapas Kelas II B Teluk Kuantan.


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Mohammad Jahari Sitepu mengatakan, sidak ini bertujuan memastikan pengamanan lapas.


"Lapas ini merupakan kedua terpadat di Indonesia, agar berjalan akan kondusif," terang Jahari.

Saat ini lapas ini kata Jahari, dihuni sebanyak 343 napi. Sedangkan kapasitas normalnya hanya 53 orang. "Artinya, terjadi overkapasitas hunian sebanyak 650 persen," ungkap Jahari. 

Hasil sidak terang Jahari, ia mendapati Lapas dijaga lima orang petugas pengamanan. Namun, jajarannya tidak surut semangat melaksanakan fungsi pengaman dengan keterbatasan ini.


Jahari berpesan agar saat bertugas anggota memastikan tidak ada seorang warga binaan pun berada di luar kamarnya saat malam hari. 

Kemudian pastikan cek gembok kamar masing-masing, lalu, pastikan sudah dalam terkunci dengan baik. 

"Petugas jaga harus rutin kontrol keliling. Siaga dan waspada, jangan lengah sedikitpun," pesan Jahari dihadapan Kepala Lapas Teluk Kuantan, Bejo, dan jajaran.

Tak lupa saat sidak ini, Kakanwil berbincang-bincang dengan para warga binaan dan meminta warga binaan ikut serta menjaga dan memelihara kondusifitas lapas. 

"Anggap saja ini rumah kita sendiri. Kita rawat, kita jaga, dan kita lindungi bersama. Walau hidup bersempit-sempitan, saya harap semua bersabar. Harus hormat-menghormati dan menghargai. Kita semua keluarga," pesan kakanwil.

Jahari juga berpesan agar para petugas bisa mengayomi para warga binaan. "Perlakukan saudara-saudara WBP secara humanis. Penuhi seluruh hak-haknya. Jangan sekali-kali kalian pungli, menyelundupkan HP atau narkoba. Ketauan dengan saya, saya sikat, saya pecat!" sebutnya.(***)



Baca Juga