Beli Pertalite dan Solar Subsidi Wajib Daftar di MyPertamina, Caranya?

  • Selasa, 28 Juni 2022 - 11:12 WIB


KLIKMX.COM, JAKARTA - Pemerintah sudah akan menerapkan pembatasan penjualan pertalite dan solar bersubsidi. Untuk pembelian kedua jenis BBM tersebut hanya bisa digunakan oleh konsumen yang mendaftar dan disetujui berhak mendapatkan subsidi minyak pertalite dan solar.

Pendaftaran ini untuk program pembatasan yang pemberlakuannya untuk sejumlah daerah. Direncanakan, uji coba awal akan dilakukan di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, yakni Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Mio-m3

Selain untuk sejumlah daerah, pembatasan diberikan kepada pengguna roda empat atau lebih. Dengan demikian kendaraan roda dua dan tiga masih bisa membeli seperti biasa. Pembatasan BBM Pertalite dan Solar subsidi berlaku untuk konsumen pengguna roda empat atau lebih. Jika roda empat atau lebih ingin membeli pertalite atau solar subsidi, mesti mendaftar di aplikasi MyPertamina.


Tanggal 1 Juli merupakan uji coba yang akan dilaksanakan melalui Pertamina Patra Niaga, yang merupakan Sub Holding Commercial & Trading Pertamina. Seperti disampaikan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, penyaluran BBM bersubsidi selama ini diatur kuota dan jumlah sasaran masyarakat yang berhak menerimanya. Namun kenyataan di lapangan banyak masyarakat yang sebenarnya tidak berhak turut mengonsumsi kedua jenis BBM tersebut.

Karenanya agar ada jaminan ketersediaan kuota, perlu diatur kepastian penerima BBM subsidi benar-benar untuk yang berhak, melalui sistem aplikasi MyPertamina.
Lalu, bagaimana cara pendaftaran untuk mendapatkan pertalite dan solar subsidi? Pertamina akan membuka pendaftaran di laman subsiditepat.mypertamina.id . Setelah mendaftar, calon pengguna diminta menunggu apakah identitas dan kendaraannya layak menjadi pengguna yang terdaftar. Akan ada respons berupa notifikasi ke email pengguna.

Jika dinyatakan berhak, pengguna terdaftar akan mendapatkan kode QR khusus yang menyatakan bahwa data telah cocok dan boleh membeli solar bersubsidi atau pertalite di SPBU.


Langkah yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:
1. Siapkan dokumen yaitu KTP, STNK, foto kendaraan dan dokumen pendukung lainnya
2. Akses ke laman subsiditepat.mypertamina.id
3. Centang informasi memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti instruksi dalam website tersebut
6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala
 7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh / download kode QR dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.
(***)

 



Baca Juga