Riau Masih Peringkat 1 Provinsi dengan Nilai Tukar Petani Tertinggi

  • Rabu, 03 Februari 2021 - 11:00 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Nilai Tukar Petani (NTP) di Riau, di Januari 2021 ini berada di angka 132,92. Angka ini  mengalami kenaikan sebesar 1,98 persen dibandingkan NTP di Desember 2020 sebesar 130,34. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin, Rabu (3/2/2021) menjelaskan, angka didapat berdasarkan hasil pemantauan harga-harga perdesaan di Provinsi Riau.


Menurutnya, kenaikan NTP itu, disebabkan harga barang atau produk pertanian yang dihasilkan oleh rumah tangga mengalami kenaikan sebesar 2,49 persen relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan indeks harga yang dibayar petani sebesar 0,49 persen.


Lebih jauh, jelas Misfaruddin, NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat 
kemampuan/daya beli petani di perdesaan. NTP juga menunjukkan daya tukar (terms of trade) dari produk pertanian dengan barang 
dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi. 

''NTP di Riau pada Januari 2021 adalah 132,92 atau naik sebesar 1,98 persen. Semakin tinggi NTP, secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan atau daya beli petani,'' jelas Misfaruddin.

Sementara itu, untuk indeks harga konsumsi rumah tangga juga mengalami kenaikan sebesar 0,61 persen. Sedangkan untuk indeks harga yang dibayar untuk keperluan produksi naik sebesar 0,16 persen.


Kenaikan NTP di Riau pada bulan Januari 2021 ini, sebut Misfaruddin, terjadi pada tiga subsektor penyusun NTP. Dengan kenaikan NTP tertinggi terjadi pada subsektor Hortikultura yaitu sebesar 2,42 persen, lalu diikuti oleh subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat dengan kenaikan sebesar 2,21 persen.

Kemudian diikuti kenaikan subsektor Peternakan sebesar 1,13 persen. Sebaliknya dua subsektor lainnya mengalami penurunan NTP yaitu subsektor Tanaman Pangan dan subsektor Perikanan masing-masing turun sebesar -1,13 persen dan -0,13 persen.

''Pada Januari 2021, tujuh provinsi di Pulau Sumatera mengalami kenaikan NTP. Bangka Belitung menjadi provinsi dengan kenaikan NTP tertinggi yaitu sebesar 2,42 persen. Dibandingkan NTP provinsi lainnya yang ada di Sumatera, Riau menduduki peringkat ke-1 sebagai provinsi dengan NTP tertinggi,'' pungkasnya. ***



Baca Juga