ADVERTORIAL PEMKO DUMAI

Wali Kota Dumai Hadiri Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Senilai Rp3,7 Triliun

  • Selasa, 22 November 2022 - 16:32 WIB


KLIKMX.COM, DUMAI - Bertempat di Dermaga Pelabuhan C Pelindo Dumai, Wali Kota Dumai H. Paisal menghadiri pelepasan ekspor komoditas pertanian oleh Kementrian Pertanian, Senin (21/11/2022).

Pelepasan ekspor dengan tujuan 35 negara menggunakan jalur laut tersebut merupakan hasil komoditas pertanian senilai Rp3,7 triliun. 


Ekspor komoditas pertanian ini bertujuan untuk mendorong produktivitas pertanian guna memacu peningkatan ekspor dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional indonesia.


Dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Karantina Pertanian Republik Indonesia, Bambang menjelaskan bahwa Kementrian Pertanian selalu berupaya untuk meningkatkan nilai ekspor dari hasil sawit yang dimiliki oleh Provinsi Riau.

"Riau ini kekuatan sawitnya luar biasa, terluas di dunia, ada sekitar 3,4 juta hektar lahan sawit di Riau ini, dampak dari itu apabila harga dari sawit mengalami penurunan banyak masyarakat yang merasakannya karena banyak menggantungkan hidupnya di situ, itulah kenapa pentingnya diperhatikan pertanian ini," kata Bambang.

Sementara, Wali Kota Dumai H. Paisal juga menyebutkan bahwa Kota Dumai mempunyai peluang untuk ekspor dan impor dan dibutuhkan tenaga ahli yang bisa mengkordinir para petani lokal agar kegiatan ekspor ini bisa dimaksimalkan.


Para petani untuk dirangkul dan harus ada tenaga ahlinya agar bisa mengkordinir untuk ekspor dan impor dan ini harus segera digesa, banyak kawasan-kawasan yang bisa kita manfaatkan dan para petani lokal harus kita maksimalkan, karena Dumai merupakan Kota Pelabuhan yang terbaik di Sumatera maka untuk akses ekspor dan impor akan lebih mudah," harapnya.

Turut hadir juga pada kesempatan tersebut yaitu, Forkopimda, Ketua Kadin, Perwakilan Bea Cukai dan Imigrasi, TNI dan Polri serta para perusahaan eksportir sawit.(adv)



Baca Juga