Sambangi dan Berikan Bantuan Sosial ke Masyarakat

Ledakan Pertamina Dumai, Kapolda Iqbal: Pertalite untuk Stok 18 Hari

  • Senin, 03 April 2023 - 14:28 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH membawa Direktur Ditreskrimum dan Kabid Labfor Polda Riau untuk melakukan investigasi di lokasi kilang minyak PT Pertamina Dumai yang meledak, Ahad (2/4/2023) lalu.

Kapolda Iqbal juga mengumpulkan sejumlah petinggi PT Pertamina, pejabat utama Polda Riau, Walikota Dumai, Dandim 0320/Dumai dan Kapolres Dumai untuk melaksanakan rapat bersama, Senin (4/3/2023).


Alumni Akpol 1991 ini menyampaikan investasi tim guna melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk kepentingan penyelidikan mendalam. Mantan Kadiv Humas Polri ini mendapat paparan pelepasan H2 (hidrogen), dari rapat bersama sejumlah petinggi PT Pertamina, pejabat utama Polda Riau, Walikota Dumai, Dandim 0320/Dumai dan Kapolres Dumai.


Ledakan lanjut Iqbal, disebabkan pelepasan H2 atau hidrogen di area pipa Suction Discharge Area yang menyebabkan flash serta terbakarnya Hydrocracker Unit ( HCU).

"Fire accident atau kebakaran dapat dikendalikan dan dilokalisir dengan cepat dalam waktu 9 menit di area atau lokasi yang terbakar," jelas Ketua Alumi Akpol 1991 ini.

Iqbal menjelaskan, gelombang udara dan suara yang dahsyat yang berdampak pada lingkungan sekitar yang ditimbulkan karena karakteristik kebakaran adalah hidrogen.


Pasokan BBM lanjut Iqbal dipastikan tidak berdampak terganggunya pasokan untuk Riau dan Sumbagut.

""Tim pertamina memastikan pasokan BBM Riau dan Sumbagut masih dalam tahap normal dan tidak terganggu. Saat ini telah dilakukan shutdown dan recovery plan dari Hydrocracker Unit yang terbakar di area kilang Pertamina KPI RU II Dumai," tutur mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat ini.

Kapolda memaparkan, pantauannya di lokasi operasional Refinery Unit II PT KPI Dumai saat ini tetap berjalan normal kecuali pada lokasi gangguan yang terbakar.

"Pertamina menyampaikan ketersediaan BMM jenis Pertalite di Riau cukup untuk stok 18 hari, Solar untuk stok 17 hari, Avtur untuk stok 60 hari dan Pertadex untuk stok 66 hari,’’ pungkas Kapolda Iqbal.

Pada kesempatan itu, Kapolda Riau M Iqbal menyambangi warga yang rumahnya terdampak ledakan, masjid dan sekolah SD yang mengalami kerusakan. Pada momen itu, Irjen Iqbal memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. ***

 

 

 

 

 

 



Baca Juga