Tekan Inflasi, Gubri Sosialisasi Tanam Cabai di Dumai

  • Rabu, 31 Agustus 2022 - 23:09 WIB


KLIKMX.COM, DUMAI -- Gubernur Riau Syamsuar terus mensosialisasikan semua pihak bergotong royong menekan inflasi di Bumi Lancang Kuning, dengan menanam cabai. Terbaru kegiatan digelar di Kota Dumai, Rabu (31/8/2022).

Kegiatan ini digelar di halaman Kantor Camat Dumai Barat, dengan melakukan penanaman secara simbolis.


Saat penanaman, Gubernur Riau didampingi Wali Kota Dumai, H Paisal, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Muhammad Nur. Serta Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Syahfalefi, serta Ketua TP PKK Riau, Misnarni. 


Syamsuar mengatakan, pelaksanaan sosialisasi ini digelar Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, bekerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Riau dan Pemerintah Kota Dumai. 

"Kegiatan ini mengikuti arahan Presiden RI Jokowi, untuk pengendalian inflasi di setiap daerah," jelas Syamsuar dalam sambutannya.

Karena itu selain bersilaturahmi, kegiatan ini, lanjut Syamsuar sekaligus juga menyampaikan pesan Presiden Republik Indonesia.


Dalam penyampaian Jokowi, Syamsuar mengatakan, inflasi yang terjadi tidak hanya di Provinsi Riau, tetapi dialami seluruh daerah di Indonesia termasuk negara lainnya.

Menurut data yang disampaikan, terdapat 60 negara yang mengalaminya sebagai dampak dari krisis ekonomi.

Suami Misnarni ini mengaku, krisis ini juga terjadi disebabkan beberapa tahun ini semua negara di dunia mengalami Pandemi Covid-19.

“Permasalahan ekonomi ini terjadi di hampir semua negara. Pada waktu rapat tim inflasi yang dipimpin Bapak Presiden sudah dijelaskan saat ini ada 60 negara yang sangat terdampak besar terhadap krisis ekonomi," ucapnya.

Lebih jauh sebut Syamsuar, selain krisis ekonomi. Seluruh negara di dunia juga mengalami krisis energi yang juga berdampak pada krisis pangan. 

"Krisis yang terjadi saat ini akibat dari dampak pandemi covid 19 yang sudah mencapai dua tahun lebih ini," terang Syamsuar.

Harapannya, dengan kerjasama semua pihak termasuk penanaman cabai. Upaya menekan angka inflasi dapat terselesaikan.

"Untuk mengatasi harga cabai yang tergolong tinggi. Maka, dengan dilakukan pengendalian ini secara bersama-sama Provinsi Riau pasti bisa mencukupi kebutuhan bahan pangan," harap Syamsuar.

Mempercepat upaya penurunan inflasi ini, Syamsuar mengajak semua pihak termasuk masyarakat dapat mempersiapkan kebutuhan pangan, khususnya penanaman bibit cabai.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Syahfalefi, menambahkan, penanaman cabai di Kota Dumai merupakan agenda kedua.

"Sebelumnya kegiatan ini dilakukan di Kota Pekanbaru," kata Syahfalefi.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Syahfalefi mengatakan, pihaknya turut melibatkan kelompok tani dan masyarakat hingga kalangan aparatur sipil negara (ASN).

"Kita ajak ASN, Kelompok Tani, hingga masyarakat memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanam cabai. Agar upaya upaya mencegah inflasi dan menjaga kestabilan harga serta persediaan pangan khususnya cabai bisa terlaksana," harap Syahfalefi.

Program ini jelas Syahfalefi, diharapkan mampu menekan laju inflasi dengan menanam cabai dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat.

"Program ini kita galakkan agar mampu menekan laju inflasi, terkait kebutuhan cabai. Minimal cabai yang ditanam di pekarangan rumah dapat memenuhi kebutuhan masing-masing keluarga," harapnya.

Selain sosialisasi penanaman cabai, Pemprov kata Syahfalefi juga menggelar operasi pasar murah dan pasar tani untuk memfasilitasi pemasaran produk tani lokal di Kota Dumai.

Selain penanaman secara simbolis, Gubernur turut menyerahkan beberapa bibit cabai kepada masing-masing pihak.

Misnarni istri Syamsuar juga turut mendampingi Gubernur Riau saat berinteraksi dengan masyarakat dan penanaman bibit cabai.***



Baca Juga