Diterjang Longsor, 15 Rumah Warga Terjun ke Sungai

  • Minggu, 31 Juli 2022 - 22:59 WIB


KLIKMX.COM, INHIL -- Musibah tanah longsor kembali terjadi, kali ini 15 rumah warga di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau terjun ke sungai, Ahad (31/7/2022) siang sekitar pukul 11:30 WIB.

Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, tak sedikit barang berharga milik korban yang hanyut terbawa arus. Hingga saat ini total kerugian belum bisa ditaksir.


Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK saat dikonfirmasi melalui Kapolsek Enok Iptu Buha R Munthe membenarkan adanya kejadian itu. 


"Benar, tidak ada korban jiwa, saat ini para korban diungsikan sementara ke posko dan rumah sanak saudara," ujarnya

Dijelaskan Kapolsek, kejadian berawal Ahad siang, saat tanah mulai bergerak, Kades Simpang Tiga, Ilyas langsung memerintahkan warganya untuk keluar rumah.

"Karena memang rumah kades yang pertama kali mengalami longsor. Pada saat itu juga, tanah mulai bergerak pelan-pelan kearah sungai, selang setengah jam kemudian beberapa rumah warga terseret dan ambruk," ungkapnya.


Dugaan awal, musibah tanah longsor disebabkan oleh abrasi, hal ini menyebabkan sejumlah rumah warga yang berada di pinggir sungai mengalami longsor.

"Air sungai pada saat kejadian dalam kondisi surut," jelasnya.

Saat ini pihak kecamatan, personel Polsek Enok dan aparat Desa Simpang Tiga serta masyarakat setempat sedang mengevakuasi barang-barang berharga yang masih tertinggal di dalam rumah.

"Kami juga membuat Posko Bencana Longsor, sedangkan terhadap warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor ditempatkan di rumah kerabat dan rumah warga  yang jauh dari longsor," pungkasnya.

Berikut nama pemilik rumah yang menjadi korban tanah longsor : 

1. M. Ajis (70) 
2. Juraidah (50) 
3. Juhri (56) 
4. Ilyas (46) 
5. M. Haris (38) 
6. Jufri (51) 
7. Mak Ati (68) 
8. Rubiati (67) 
9. Makmur (40) 
10. Jais (50) 
11. Alm Dungkil (65) rumah dalam keadaan kosong. 
12. Rasidi (50)  
13. Yudi (24) 
14. Kadir (40) 
15. Yakup (66).***



Baca Juga