KPH Singingi Tangkap 2 Alat Berat di Kawasan HPT Batang Lipai Siabu

  • Jumat, 22 Juli 2022 - 17:56 WIB


KLIKMX.COM, KUANSING -- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Riau melalui, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Singingi melakukan pengamanan dua unit alat berat. Kedua alat berat itu tertangkap basah sedang melakukan perambahan di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Batang Lipai Siabu Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Kepala KPH Singingi Abriman MH kepada Pekanbaru MX Jumat (22/07/2022) siang menyebut, pihaknya melakukan pengamanan secara spontan begitu mendapat laporan dari masyarakat pada hari Jumat itu juga. Lokasi yang terletak di Desa Inuman, Kecamatan Hulu Kuantan memakan waktu kurang lebih tiga jam. 


Oleh karenanya, untuk masuk ke areal itu, Abriman bersama 3 anggotanya melakukan strategi dengan melakukan ''Undercover''. Mobil yang dikendarai tidak menggunakan plat merah melainkan diganti dengan plat hitam. Ini dilakukan agar tidak menimbulkan kecurigaan dari pihak perambah.


''Untuk ke lokasi itu berat. Butuh waktu tiga jam. Medannya juga sulit, mata-mata perambah ada di mana-mana. Makannya kita lakukan penyamaran seperti mengganti plat mobil kita,'' ujar Abriman yang masih dilokasi.

Namun, begitu tim KPH sampai ke lokasi, para perambah pun sudah tidak ada lagi di lokasi. Namun dua alat beratnya tertinggal di lokasi. Dua alat berat itu, masing-masing bermerk Caterpilar dan Sumitomo.

''Tetap ketahuan juga. Pelakunya lari. Tapi alat beratnya berhasil kita amankan,'' ujar Abriman lagi.


Menurut Abriman, pihaknya menunggu bantuan dari pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan pihak Polisi Hutan DLHK Provinsi untuk mengeluarkan alat berat tersebut. Kedua alat berat itu akan langsung dibawa ke Pekanbaru untuk diamankan sebagai barang bukti.

''Alat ini akan kita keluarkan, menunggu bantuan kawan-kawan TNI dan Polisi Hutan. Alat ini akan langsung dibawa ke Pekanbaru langsung,''tukas Abriman.

Untuk diketahui, pihak KPH Singingi dalam dua bulan terakhir ini juga sudah melakukan pengamanan alat berat yang kedapatan merambah hutan. Pada beberapa waktu lalu, KPH Singingi juga juga melakukan pengamanan alat berat yang sedang merambah di kawasan Hutan Lindung Bukit Bertabuh di Kecamatan Kuantan Mudik.

''Intinya kita tidak main-main. Siapa yang berani merambah hutan akan kita sikat. Untuk itu kita juga berharap kepada masyarakat untuk segera memberikan info ke kita jika ada mengetahui aksi perambahan hutan,'' pungkas Abriman.***



Baca Juga