Pengusaha Pekanbaru Borong 1 Ton Madu Hasil Panen Raya KUD Desa Sontang



KLIKMX.COM, ROHUL -- Guna mengembangkan potensi desa nya, Kepala Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu Zulfahrianto SE bersama Koperasi Unit Desa (KUD) Sontang Bertuah melakukan inovasi berupa usaha peternakan lebah penghasil madu.

Di lahan perkebunan milik KUD Sontang Bertuah itu, sedikitnya terdapat 90 kotak penangkaran lebah penghasil madu yang dalam satu bulannya, bisa mengasilkan madu murni sebanyak 1 ton, yang dipanen setiap 2 pekan sekali atau 15 hari.


Kepala Desa Sontang Zulfahrianto mengaku, pihaknya melakukan inovasi ini sebagai salah satu upaya mengembangakan potensi di desa nya dengan membuat peternakan lebah madu di lokasi perkebunan KKPA KUD Sontang Bertuah yang berbatasan dengan PT. Bina Daya Bentala (BDB).

Dimana, madu murni yang dihasilkan lebah ini tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, usaha peternakan lebah madu ini diyakini akan berkembang pesat.

"Kita ketahui bersama, bahwa madu ini sangat laku di pasaran. Bahkan, untuk pemasarannya cukup mudah," kata pria yang karib disapa Anto Sontang itu saat melaksanakan panen raya lebah madu, Selasa (10/5/2022).

Dalam penen raya itu, juga disaksikan oleh salah seorang pengusaha ternama dari Kota Pekanbaru, Dedi Handoko Alimin, juga Ketua KUD Sontang Bertuah Junaidi, SE, Sekdes Sontang Hamidun dan perangkat desa, Manajer PT BDB, Menejer PT Graha dan tokoh masyarkat setempat.

Diakui Anto Sontang, bahwa madu yang dihasilkan oleh lebah yang bersumber dari bunga Akasia dan kelapa sawit ini merupakan produk andalan dari Desa Sontang.

"Ini merupakan panen kedua peternakan lebah di 90 kotak penangkaran ini. Harapan kita, kedepan akan kita tambah lagi jumlah kotaknya dan tentunya madu yang dihasilkan bisa lebih banyak lagi," sebutnya.

Ditambahkan Ketua Apdesi Rokan Hulu itu, untuk tahap awal ini, madu yang dihasilkan dari peternakan ini langsung dibeli oleh Pengusaha Dedi Handoko yang juga Ketua Umum Pengprov Perbakin Riau. 

Kedepan, jika hasilnya melimpah, juga akan dipasarkan di wilayah Kabupaten Rokan Hulu.

"Untuk dua kali panen ini, sudah diborong oleh Pak Dedi Handoko. Kedepan kita juga akan pasarkan produk unggulan Desa Sontang ini di Rokan Hulu, bahkan di luar daerah," pungkasnya. ***

Jual-Rumah

Baca Juga