Usut Dugaan Korupsi 6 Kegiatan Setda

Penuhi Panggilan Jaksa, 2 Eks Anggota DPRD Dicecar Puluhan Pertanyaan

  • Kamis, 06 Mei 2021 - 06:50 WIB


KLIKMX.COM, KUANSING -- Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) kembali memeriksa para saksi untuk menelusuri penikmat aliran dana miliaran rupiah dalam kasus 6 kegiatan di Setdakab Kuansing anggaran 2017. Kali jaksa memeriksa dua mantan anggota DPRD Kuansing Musliadi dan Rosi Atali.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kuansing, Hadiman MH kepada Pekanbaru MX Selasa (5/5/2021) sore menjelaskan, keduanya datang memenuhi panggilan jaksa pada Selasa (5/5/2021) pagi, lebih cepat sehari dari jadwal sebenarnya yakni Rabu (6/5/2021). Dimana keduanya yang meminta agar pemeriksaan itu dipercepat, karena ada keperluan pada hari jadwal pemeriksaan awal.


''Mereka meminta dipercepat sehari dari jadwal sebenarnya karena ada keperluan,'' jelas Hadiman.


Menurut Hadiman, Rosi Atali datang ke kantor Kejari Kuansing lebih dulu pada pukul 10.00 WIB. Dan dicecar 21 pertanyaan oleh jaksa dengan durasi pemeriksaan sekitar satu jam. Disusul oleh Musliadi yang datang pada pukul 13.00 WIB, yang langsung dicecar pertanyaan oleh jaksa dengan 22 pertanyaan dengan durasi pemeriksaan sekitar 1,5 jam.

Kemudian lanjut Hadiman, pihaknya masih melanjutkan pemeriksaan pada Rabu (6/5/2021) dengan saksi Bupati Kuansing Mursini. Dimana menurut Hadiman dari hasil pemeriksaan tersebut, pihaknya akan terus melakukan penelusuran kasus ke tingkat selanjutnya.

''Rabu ini kita akan periksa Bupati Kuansing Mursini. Pemeriksaan ini sangat diperlukan untuk pendalaman kasus selanjutnya,'' ujar Hadiman.


Sebelumnya, Kajari Hadiman mengaku pihaknya  telah melakukan pemeriksaan kembali terhadap  M Saleh mantan Kabag Umum Setda Kuansing untuk menindaklanjuti putusan hakim, Dalam putusan yang dibacakan hakim, ada aliran dana cukup besar ke beberapa orang.

Aliran dana Rp1,5 M yang bersumber dari dana enam kegiatan di Setda Kuansing dari APBD 2017 sebesar Rp13.300.650.000 miliar. 
Diduga ada sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Kuansing yang turut menerima aliran dana tersebut.***



Baca Juga