ADD Tahap I Belum Dicairkan

Belum Gajian 5 Bulan, Kades di Rohul Ancam Tutup Kantor

  • Kamis, 06 Mei 2021 - 12:09 WIB


KLIKMX.COM, ROHUL -- Pengurus Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Rokan Hulu (Rohul) mendatangi kantor Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Rohul, Rabu (4/5/2021).

Kedatangan mereka guna mempertanyakan Alokasi Dana Desa (ADD) 2021 tahap 1 yang yang tak kunjung dicairkan oleh Pemkab Rohul. Padahal, saat ini sudah memasuki bulan Mei 2021.


Rombongan pengurus yang dipimpin Wakil Ketua I Apdesi Rohul M Rois Zakaria SE, Wakil Ketua II Yasrijon serta ketua dan anggota APDESI Kecamatan se-Rohul disambut langsung Sekretaris BPKAD Rohul, Asikin.


"Di hadapan Sekretaris BPKAD Rohul, kita sampaikan terkait permohonan agar dilakukan pencairan ADD tahap pertama, karena sudah 5 bulan perangkat desa belum gajian," kata M Rois, saat ditanya terkait kedatangan mereka ke kantor BPKAD.

M Rois juga menegaskan, rekan-rekan kepala desa (Kades) dan perangkat desa di 139 desa di Rohul, mengancam akan menutup kantor desa. Artinya desa tidak lagi melakukan pelayanan ke masyarakat, bila tidak dibayarkannya penghasilan tetap (Siltap) dalam ADD  dilakukan .

"Kita berharap, apa yang menjadi tuntutan Kades dan perangkatnya menjadi prioritas Pemkab, khususnya BPKAD agar bisa segera direalisasikan. Karena kita sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan di masyarakat," ungkap M Rois.


Apalagi dalam waktu tinggal menghitung hari, lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah akan tiba, dan tentunya kebutuhan rekan rekan juga banyak. 

"Kita berharap Siltap bisa segera dicairkan, agar bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga," harap M Rois.

Terpisah, Ketua Apdesi Rohul Zulfahrianto SE menyatakan, saat ini, Kades dan perangkat desa di 139 desa mengeluhkan sulitnya kondisi akibat belum dicairkannya ADD tahap 1 tahun 2021 ini.

Seharusnya, lanjut Zulfahrianto, ADD tahap I tahun ini sudah dicairkan dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pembangunan desa serta Siltap kades serta perangkatnya bisa dipergunakan untuk menghadapi lebaran Idul fitri 1442 ini.

"Kita minta Pemkab Rohul segera mencairkannya, agar kades dan perangkatnya bisa memanfaatkan Siltap mereka untuk kebutuhan menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah," ucap pria yang karib disapa Anto Sontang itu.

Menyikapi pernyataan Ketua Apdesi Rohul yang mempertanyakan ADD tahap I 2021 belum dicairkan termasuk dana silva, Kepala BPKAD Rohul Suharman mengaku sudah memberikan penjelasan terkait hal itu.

"Kita sudah jelaskan secara rinci kepada kepala desa, sehingga tidak ada persepsi miring yang mengatakan kita menahan pencairan ADD," ungkap Suharman, tanpa menjelaskan kendala apa yang menyebabkan belum dicairkannya ADD tahap 1 tersebut. ***



Baca Juga