Peraih Pin Emas Kapolri Bopong Remaja Lumpuh ke Rumah Sakit

  • Minggu, 02 Januari 2022 - 16:59 WIB


KLIKMX.COM, INHU -- Pin Emas Kapolri yang diterima Bripka Ripal Indrawarta tak membuatnya jumawa. Bhabinkamtibmas Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji Polsek Pasir Penyu, Polres Inhu ini terus mengabdikan dirinya di tengah masyarakat.

Teranyar, kegiatan sosial yang dilakukan polisi berpangkat empat bengkok ini, membantu perobatan Candra, remaja lumpuh ke rumah sakit.


Dengan menyisihkan waktu, tenaga hingga uang dari kantong pribadinya, pada Kamis (30/12/2021) lalu, Ripal membawa Candra, yang sudah enam tahun belakangan lumpuh ke RSUD Indrasari Pematang Reba, Kabupaten Indragiri Hulu.


Warga semakin bersimpati, saat Bripka Ripal membopong sendiri Candra yang menderita lumpuh layu ke RSUD Indrasari Pematang Reba untuk berobat.

Sebagai informasi, jiwa Ripal terpanggil menolong, karena sejak menderita lumpuh selama 6 tahun. Candra sudah 2 tahun kebelakangan tidak bisa berjalan. 

Tanpa pamrih, Ripal membopong Candra, karena orang tuanya memang tidak mampu untuk membiayai perobatannya. 


Candra, kata Ripal merupakan anak Sugeng (45) yang memang kurang mampu secara ekonomi. Karena hanya mengandalkan biaya hidup dari upah menjadi buruh 

“Melihat kondisi seperti itu, saya langsung membopongnya ke RSUD Indrasari Rengat untuk berobat dan membuatkan BPJS Kesehatan secara gratis,” ungkap Ripal.

Dari informasi yang ia dapatkan, Candra dibiarkan lumpuh hingga sakit parah dan tidak bisa berjalan, tanpa diberikan pengobatan. Karena keterbatasan ekonomi kedua orang tuanya.

Ripal mengatakan, semakin semangat membangun karena mengetahui Candra merupakan siswa pintar di SMK Muhammadiyah Air Molek. Apalagi Tahpiz Al'Quran.

“Saya tahu kondisi Candra, karena saat menyambangi warga. Kemudian mendengar keluhan bapaknya Sugeng,” tutur Ripal. 

Mengetahui keterbatasan orang tuanya, Ripal langsung membawa berobat dan memfasilitasi apapun keperluannya dan mengurus semua administrasinya. 

“Orangtuanya pak Sugeng memiliki BPJS Kesehatan tapi yang mandiri, agar memudahkan semua urusannya, BPJS mandiri tadi langsung saya minta rubah oleh kantor BPJS menjadi BPJS Kesehatan yang geratis supaya dikemudian hari bisa berobat gratis,” jelas Ripal.

Setelah dilayani tim medis, Ripal mengucapkan alhamdulilah, apalagi Candra mendapatkan pelayanan yang baik dari pihak RSUD Indrasari.

“Setelah tiba di rumah sakit Candra diberikan obat dan disarankan cek kontrol untuk melihat perkembangan kesehatannya,” terang Ripal.

Karena keterbatasan orang tuanya, Ripal juga membelikan kursi roda dari hasil gaji pribadinya untuk Candra agar mempermudah kegiatan sehari-hari. Setibanya dari pulang melakukan pengobatan.

“Memang dari hasil gaji pribadi membelikan kursi roda tersebut agar dapat membantu kegiatan sehari-hari dan mudah-mudahan Allah menyembuhkan Candra dari sakit lumpuh yang ia derita,” tutup Ripal.

Karena seringnya menolong warga, namanya menjadi cukup dikenal di Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji.

Selain selalu memperhatikan semua kalangan dan ringan tangan terkhusus membantu warga kurang mampu. Ripal sering berinteraksi dengan organisasi kepemudaan di desa binaan nya.***



Baca Juga