684 personel gabungan dikerahkan

Besok, 19 Desa dan 3 PAW di Rohul Gelar Pilkades Serentak



KLIKMX.COM, ROHUL -- Sebanyak 19 Desa di 10 Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III tahun 2021, Kamis (2/12/21) besok.

Ada 19 desa di 10 kecamatan yang akan menggelar Pilkades gelombang ketiga, sebagian besar jabatan kepala desanya sudah purnatugas dan dijabat oleh pejabat sementara (Pjs). Kemudian, 3 desa lainnya merupakan Pengganti Awal Waktu (PAW).


Kepala Dinas DPMPD Rohul Margono mengatakan, sebanyak 19 Desa yang melaksanakan Pilkades serentak ini merupakan Desa yang masa jabatan kepala desa nya sudah habis atau purnatugas.

Sementara, tiga desa yang melaksanakan PAW tersebut, dilaksanakan karena kepala desa nya diberhentikan atau meninggal dunia. Adapun tiga desa PAW diantaranya, Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah dan Kepenuhan Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu.

"Kemudian, untuk pembiayaan Pilkades serentak dibebankan kepada Bankeu Kabupaten. Sementara untuk desa PAW, pembiayaannya dibebankan kepada desa masing-masing," kata Margono, Rabu (1/12/21).

Dengan dilaksanakannya Pilkades serentak pada Kamis besok, Margono mengimbau kepada masyarakat yang menyalurkan hak suaranya, agar kiranya tetap menjaga ketertiban, keamanan dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Ini sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Bahwa, pelaksanaan Pilkades gelombang ketiga harus menerapkan protokol kesehatan. Hal ini mengantisipasi Pilkades tidak menimbulkan klaster penyebaran Covid-19 baru," ucapnya.

Terpisah, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito melalui Kabag Ops AKP Prihadi Tri Saputra SH MH mengaku, untuk pengamanan Pilkades serentak gelombang ketiga tahun 2021 ini, pihaknya menerjunkan sebanyak 684 petugas. Diantaranya, 17 Perwira monitor wilayah, 162 personel Polres Rohul, 4 Gakkum, 30 personel TNI, 147 Satpol PP,  294 Linmas dan standbye 30 orang dan lainya.

Kabag Ops menyampaikan, pegamanan Pilkades serentak gelombang ketiga tahun 2021 ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam menjaga stabilitas keamanan selama pelaksanaan pemungutan suara.

Kemudian, adapun poin penting dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades ini, sambung Kabag Ops, agar petugas memastikan logistik Pilkades dalam keadaan aman sampai dengan selesainya rapat pleno masing-masing desa.

"Kemudian agar seluruh Personil TNI Polri dan seluruh Panitia Pemungutan Suara selalu bersikap netral dengan tidak melakukan tindakan  berpihak kepada salah satu calon,"ucap Kabag Ops didampingi Paur Humas Aipda Mardino, Rabu siang.

Selain itu, anggota Polri harus mampu menjadi contoh bagi segenap masyarakat untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) selama pelaksanaan pemungutan suara di TPS.

"Laporkan setiap perkembangan situasi kepada Perwira Penangungjawab masing-masing secara berjenjang," tegasnya.

Kabag Ops menambahkan, kepada seluruh lapisan masyarakat, pihaknya mengimbau untuk dapat mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 ini.

"Jaga ketertiban dan keamanan. Serta tetap patuhi protokol kesehatan," pintanya. ***

Jual-Rumah

Baca Juga