Pemko Pekanbaru Targetkan Desember 800 Ribu Warga Tuntas Vaksinasi

  • Senin, 20 September 2021 - 16:32 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU— Penerima vaksin Covid-19 dosis pertama di Kota Pekanbaru terpaksa harus menunggu cukup lama. Ada yang mengalami penundaan dari 30 hingga 50 hari dari suntikan dosis pertama. 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, Senin (20/9/2021) mengakui bahwa sekitar 60 ribu warga Kota Pekanbaru masih menanti suntikan vaksin dosis kedua. Ribuan warga ini mengalami penundaan vaksinasi dosis dua akibat ketersediaan vaksin di Pekanbaru tidak mencukupi. Pemko  hanya melakukan vaksinasi dengan jumlah vaksin yang tersedia. 


"Penyaluran vaksin dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah masih dilakukan secara bertahap. Kondisi ini membuat suplai dan kebutuhan tidak seimban," ujar wako. 


Namun ia memastikan bahwa vaksin secara periodik terus datang.  Sekarang yang menunggu vaksin kedua itu sekitar 60 ribuan,” kata Firdaus. 

Pada dua pekan lalu, sebut Firdaus, ada 100 ribu lebih yang menunggu vaksin kedua.

Firdaus menjelaskan, pengiriman yang dilakukan pemerintah pusat melihat situasi daerah.  Pemerintah pusat telah memetakan prioritas penyaluran vaksin pada daerah dengan tingkat sebaran tinggi. 


"Jika pada daerah tersebut memiliki sebaran kasus yang cukup tinggi, maka diprioritaskan untuk penyaluran vaksin di daerah tersebut," jelasnya. 

Namun begitu, kata wako, Pemko Pekanbaru sendiri telah menyampaikan ke pusat terkait berapa jumlah kebutuhan pasokan vaksin. 

“Pengiriman ke kita dari pusat, tentu mereka lebih bijak terkait kebutuhan kita. Karena di semua wilayah di Indonesia ini harus terlayani, jadi kita sabar lah,” kata Firdaus. 

Firdaus menyebut, Pemko Pekanbaru memiliki target sebanyak 800 ribu warga harus tuntas divaksin menjelang akhir Desember 2021. 

"Untuk capaian target baru berkisar 54 persen, atau sekitar 450 ribu warga," simpulnya. ***



Baca Juga