CoronaTerus Berkurang, Pekanbaru Menuju PPKM Level II

  • Kamis, 16 September 2021 - 14:00 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Kabar positif bagi masyarakat Kota Pekanbaru, Riau disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra. Disebutkan sebaran wabah Covid-19 terus berkurang di Kota Pekanbaru. Hal itu dibuktikan dengan kasus terkonfirmasi atau positif covid telah di bawah angka 100 orang per hari.

"Alhamdulillah, kalau dilihat kasus terkonfirmasi sejak seminggu terakhir, itu terus berkurang. Angkanya sudah di bawah 100," kata Zarman, Kamis (16/9/2021).


Dengan berkurangnya sebaran wabah, sebut dia, upaya pemerintah kota untuk membawa Kota Bertuah ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level II di akhir September mendatang bisa terwujud.


"Mudah-mudahan kalau semua pihak komitmen sama-sama menjaga prokes (protokol kesehatan), Insyaallah kita bisa masuk ke PPKM Level II," ucapnya.

Menurut Zarman, komitmen semua pihak sangat dibutuhkan dengan tetap menggunakan mesker dan menjaga jarak saat berada di pusat-pusat keramaian.

Hal itu, kata dia, diperlukan mengingat pada PPKM Level III saat ini telah banyak diberikan berbagai kelonggaran seperti telah dibuka kembali pusat-pusat pebelanjaan maupun destinasi wisata dengan tetap berpedoman pada aturan yang ditetapkan pemerintah.


"Karena itu, kita harapkan komitmen semua pihak dalam menjaga prokes. Physical distancing dan memakai masker, itu harus dipatuhi bersama," tutupnya. 

Menurut Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, pihaknya terus berupaya untuk pencegahan dan pengendalian kasus dan berupaya menekan angka penularan Covid-19. 

Walko juga menargetkan agar Kota Pekanbaru berada pada level II PPKM. Pemerintah bersama Satgas Covid-19 Pekanbaru berupaya melalui sosialisasi protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat. 

"Untuk bisa melindungi kita semua, itu prokes. Protokol kesehatan disetiap kegiatan, itu harus," tegasnya. 

Bukan berarti saat ini diberikan pelonggaran kegiatan masyarakat, Prokes juga ikut longgar. Ia menegaskan, Prokes merupakan kunci utama untuk dapat melindungi diri dari Covid-19. ***



Baca Juga