Warga Terpapar Covid-19 yang Isoman di Rumah Dijemput Polisi

  • Jumat, 16 Juli 2021 - 15:27 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU --Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya didampingi Plh Wakapolresta Pekanbaru AKBP Defrianto mendatangi rumah warga yang terpapar Covid-19, untuk dijemput dan dirujuk ke rumah sakit atau tempat isolasi guna mendapatkan perawatan, Kamis (15/7/2021) pagi.

Kadis Kesehatan Provinsi Riau Dra Hj Mimi Yuliani Nazir APT dan Kadis Kesehatan Kota Pekanbaru dr Aldo Eka Putra juga hadir dalam kegiatan itu.


Kegiatan diawali dengan apel bersama melepas keberangkatan mobil ambulan secara serentak, untuk menjemput warga yang terpapar Covid-19 untuk dibawa ke RS guna perawatan.


Pelepasan sebanyak 60 unit ambulan secara serentak dilakukan langsung Wakil Gubernur Riau, Edy Natar di halaman kantor Gubernur Riau di Jalan Jenderal Sudirman.

Usai pelepasan, Kapolresta Pekanbaru bersama tim Satgas Covid-19 dengan menggunakan APD yang lengkap turun langsung kerumah warga yang terpapar Covid-19 untuk mempercepat proses evakuasi agar pasien yang tengah menjalani isolasi secara mandiri di rumah bisa dirawat dan mendapatkan perawatan yang optimal.

Kombes Pol Nandang mengatakan, warga harus diberi penjelasan dan pemahaman yang ekstra atas langkah evakuasi tersebut. Karena, sebagian masyarakat masih berfikir bahwa yang terpapar Covid-19 adalah hal yang memalukan dan mesti disembunyikan. Padalhal harusnya mereka yang isolasi harus mendapatkan perhatian yang lebih.


"Kami bersama Satgas, mengevakuasi saudara kita yang menjalani isolasi mandiri untuk dibawa ke tempat isolasi terpusat agar mendapatkan perawatan yang maksimal dan layak, dengan tujuan untuk meningkatkan angka kesembuhan dan mencegah penularan dalam klaster keluarga," Kata Kombes Pol Nandang.

Kombes Pol Nandang menuturkan ada sekitar 455 orang terpapar Covid-19 yang menjalani isolasi secara mandiri di Kota Pekanbaru dan akan dievakuasi ke tempat isolasi terpusat. 

Dengan mengerahkan 60 unit ambulan,  harapannya proses evakuasi bisa tuntas digelar hari ini, dimana tim Satgas Covid-19 sudah dibagi di berbagai wilayah Kota Pekanbaru.

"Sebaran terpapar Covid-19 yang paling banyak berada di wilayah Kecamatan Bina Widya, Tuah Madani, Tenayan Raya, Payung Sekaki, Bukit Raya dan Marpoyan Damai," ujar Kombes Pol Nandang.

Dijelaskan juga, saat dilakukan evakuasi masyarakat merasa kaget karena didatangi petugas Satgas Covid-19 yang hendak menjemputnya.

"Setelah diberi penjelasan oleh petugas bahwa langkah ini bertujuan untuk menyelamatkan warga, mereka pun memakluminya, kalau di tempat isolasi mereka akan lebih terurus," pungkas Kombes Pol Nandang.

Adapun proses evakuasi tersebut dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, dimana petugas juga mengenakan alat pelindung diri (APD).***



Baca Juga