Bus Vaksin Keliling Pekanbaru Kembali Beroperasi Sasar Lansia



KLIKMX.COM, PEKANBARU - Bus vaksinasi Covid-19 keliling Pemko Pekanbaru kembali beroperasi setelah sempat berhenti selama satu bulan. Pemko menargetkan pengoperasian bus vaksin keliling saat akan menyasar  warga lanjut usia atau lansia.

Koordinator bus vaksinasi Kota Pekanbaru, Khairunnas mengatakan, terhitung tanggal 6 Oktober 2021 bus vaksinasi sudah berjalan kembali. Untuk stok vaksin, disesuaikan dengan permintaan masyarakat.

"Tanggal 6 kemarin alhamdulillah kita sudah berjalan kembali, dengan stok vaksin ya cukuplah untuk operasional vaksin sesuai dengan permintaan masyarakat. Kemarin 1000 masyarakat yang minta kita layani," ujar Khairunnas, Senin (11/10/2021).

Freego Oktober

Ada 2 bus yang dikerahkan dengan jumlah 200 dosis. Kata dia, vaksinasi bisa untuk dosis pertama dan kedua. Namun, lebih diprioritaskan bagi warga lanjut usia atau lansia.

"Tapi saat ini kita mentargetkan kalau dapat lansia yang kita kejar. Karena lansia masih jauh dari target. Kalau untuk umum alhamdulillah sudah lebih dari 70 persen. Tapi kalau lansia masih ada 14.000 lagi yang belum," katanya


Walikota Pekanbaru Firdaus MT menyebut saat ini memang pihaknya sangat mendorong percepatan pemberian vaksin bagi masyarakat lanjut usia atau Lansia. Tim vaksinasi harus melakukan percepatan agar 60 persen lansia di Kota Pekanbaru mendapat suntik vaksin.

"Percepatan ini dalam upaya agar Kota Pekanbaru memenuhi indikator PPKM level 1," papar Firdaus, Senin. Capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Pekanbaru harus 70 persen lebih agar mencapai indikator PPKM level 1.

Wako optimis vaksinasi bagi lansia tercapai dalam PPKM level 2 tahap II ini. Ia mendorong tim di kecamatan dan lurah bisa membantu akses vaksinasi bagi Lansia.

"Camat dan lurah aktif mendata Lansia yang belum mendapat suntik vaksin," ujarnya.

Firdaus juga mengingatkan agar masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan dalam segala aktivitas. Apalagi saat masih dalam pandemi Covid-19. ***

Baca Juga