Soal Vaksin Rusak, Kadiskes Riau Mewanti-wanti agar Faskes Hati-Hati

  • Rabu, 09 Juni 2021 - 15:02 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Merespon kejadian kerusakan vaksin tersebut beberapa waktu lalu terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Dinas kesehatan (Diskes) Provinsi Riau meminta semua fasilitas kesehatan yang menyimpan vaksin Covid-19 untuk dapat lebih hati-hati lagi dalam menyimpan dan menggunakan vaksin. 

Kepala Diskes Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, pihaknya tidak ingin lagi ada vaksin yang rusak. Dijelaskan Mimi, untuk kejadian yang terjadi di Meranti, dalam satu vial vaksin Covid-19 itu dapat digunakan untuk 10 orang namun hanya digunakan untuk tujuh orang. Seharusnya, sisa vaksin tersebut harus diberikan kepada orang lain


"Begitu dapat informasi itu, langsung saya tanyakan ke diskes setempat. Dari informasi sementara yang didapat, vaksin tersebut rusak karena tidak langsung digunakan sehingga terbuang," kata Mimi kepada awak media, Rabu (9/6/2021).


Pihaknya saat ini juga masih menunggu laporan hasil penyelidikan dari pihak Diskes Kepulauan Meranti untuk mengetahui apakah ada penyebab lain rusaknya vaksin tersebut. 

"Kami masih menunggu laporan lengkapnya terkait kejadian tersebut," katanya

Kadiskes mewanti-wanti jika vial vaksin sudah dibuka, maka harus langsung dihabiskan. Tidak bisa disimpan lagi, karena yang seperti ini jadi banyak vaksin yang rusak. 


"Untuk itu kami minta fasilitas kesehatan yang lain dapat memperhatikan hal tersebut," ujarnya. (EKA SATRIA)



Baca Juga