Tim Gabungan Temukan Toko Tutup, Warga Berkerumun di Dalam 

  • Senin, 03 Mei 2021 - 21:07 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Selain mengamankan belasan muda-mudi dalam hotel, petugas keamanan di Pekanbaru saat patroli Ahad (2/5/2021) malam  juga mendapati ratusan masyarakat berada di dalam sebuah toko pakaian, namun, penampakan dari luar pintunya tertutup.
 
Petugas dari tim gabungan lantas membubarkannya.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Senin (3/4/2021) mengatakan, patroli tim gabungan  Ahad malam itu bertujuan untuk penyekatan dan imbauan patuh Prokes Covid 19.


''Karena berpotensi terjadinya penyebaran virus covid19 petugas melakukan pembubaran kerumunan tersebut,'' tegas Narto. 


Sebelum patroli, Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi terlebih dahulu memimpin apel yang turut dihadiri oleh Danrem 031 WB dan para pejabat Polda.

Sedangkan, ratusan personel yang dilibatkan sebanyak 223 personel yang terdiri dari TNI AD 18 personil. POM TNI AD 2 personil. Lalu, Sat Brimob  71 personil. 

Selanjutnya, Dit Lantas 32 personi, Bid Propam 3 personil, Dit Samapta 13 personil. Kemudian, Dit Pamobvit : 19 personil, Dit Reskrimum 10 personil. 


Dari Polresta Pekanbaru 30 personil, Sat Pol PP 10 personil. Lalu, BPBD Provinsi 8 personil dan dari Dishub 4 personil. 

Mantan Kabid Humas Polda Sultra ini juga menjelaskan bahwa personel dibagi menjadi lima Tim.

Untuk mengoptimalkan patroli, seluruh personel terang Narto dibagi menjadi 5 Tim.

Tim pertama 36 personil dipimpin oleh Ipda Suroto dari Sat Brimob yang mengambil rute pengetatan di Jalan Tuanku Tambusan menuju Jalan Afirin Ahmad. Lalu, tim II yakni personil gabungan 35 orang dipimpin oleh Kompol Ade Rukmayadi dari Direktorat Reskrimum mengambil Route dari Jalan Imam Munandar menuju Jalan Sudirman. 

Sedangkan Tim III ada 33 personil gabungan dipimpin AKP Johari Yanma mengambil route di Jalan Kaharudin Nasution. 

Kemudian, Tim IV, 33 personil gabungan dipimpin oleh Iptu Eriasman dari direktorat Lalu Lintas dengan route di Jalan Subrantas Panam dan Tim V sebanyak 34 personil dipimpin oleh AKP Rety dari Direktorat Lantas yang mengambil route Jalan Riau menuju jalan Arengka”, terang Narto.

Selain personel, turut dilibatkan Ranmor yang sebanyak 50 unit yakni roda 4 dan 6 sebanyak 25 unit dan roda 2 sebanyak 25 unit.

''Jadi adanya 100 an warga terlihat dibubarkan oleh petugas disebuah tempat perbelanjaan di Jalan Kaharudin Nasution Bukitraya. Ini kan bisa berbahaya. Begitupun aktifitas mengabaikan prokes dijalan Riau, kita bubarkan,'' terangnya

Sedangkan, update penyekatan yang dilakukan mulai tanggal 30 April hingga hari ini, sebanyak 1.308 unit kendaraan diputar balik oleh petugas termasuk 926 unit diantaranya yang harus diputar balik di 4 pos penyekatan diperbatasan keluar masuk wilayah Riau (Inhil, Kuansing, Kampar dan Rohil).

Lebih lanjut Narto menjelaskan bahwa petugas akan melakukan semua upaya demi keselamatan warga masyarakat Riau.

''Kegiatan penyekatan dan himbauan patuh Prokes, termasuk pembubaran kerumunan terus kita lakukan. Angka laju penularan Covid sudah dalam kondisi merah. Ini perlu kesadaran semua pihak dan segenap elemen masyarakat untuk sadar dan patuh prokes demi keselamatan bersama,'' pungkasnya.***



Baca Juga