Lantik 10 Anggota MPDN, Kakanwil Kemenkumham Pesan, Awasi Perilaku Pejabat

  • Kamis, 18 Februari 2021 - 22:54 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Untuk mengawasi kinerja pejabat di jajaran Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkunham) Riau, saat ini telah memiliki Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN).

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun, Kamis (18/2/2021) mengatakan, MPDN ini bukanlah lembaga yang memihak kepada Notaris, melainkan lembaga yang independen dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pembinaan kepada Notaris. 


''Independensi kelembagaan ini tercermin dari kolektifitas keanggotaan MPDN yang terdiri dari tiga unsur,'' sebut Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun.


Tiga unsur yang terdapat dalam MPDN ini, jelas Kakanwil diantaranya terdiri dari unsur pemerintah, unsur ahli atau akademisi, dan unsur Notaris itu sendiri. 

Sepuluh anggota MPDN yang dilantik terdiri dari Yulizar, Ahlan Surya Sari, dan Inggrit Fernandes (MPDN Indragiri Hilir), Erpis Candra dan Parlindungan Hasoloan (MPDN Rokan Hulu), Tonggo ButarButar dan Yanto (MPDN Siak Sri Indrapura), Refin Tua Simanullang dan Henry Halim (MPDN Indragiri Hulu), serta Rejeki Putra Ginting (MPDN Dumai). 

Dihadapan 10 orang yang dilantik, Kakanwil berpesan, bahwa fungsi pengawasan dan pembinaan terhadap Notaris bertujuan untuk mewujudkan prinsip hukum yang menjamin terpenuhinya ketertiban, kepastian dan perlindungan hukum yang berintikan keadilan dan kebenaran sebagaimana diharapkan oleh masyarakat yang menggunakan jasa Notaris.


Setelah melantik, Kakanwil langsung memberikan ucapan selamat kepada anggota MPDN yang baru saja dilantik dengan tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Dia berharap, paska dilantik pengurus agar dapat bekerja lebih baik dan efektif dalam pengawasan.

''Dengan dibentuknya Majelis Pengawas Notaris, saya mengharapkan agar kepada anggota MPDN untuk lebih baik dan efektif dalam pengawasan terhadap pelaksanaan jabatan dan perilaku Notaris,'' harap Kakanwil.

Pada kegiatan ini turut hadir Majelis Pengawas notaris Wilayah, para Kepala Divisi dan para pejabat struktural serta staf di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau.

Kegiatan pelantikan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Anggota MPDN, yang dipimpin Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun, dilaksanakan di Gedung Serbaguna Ismail Saleh Kanwil Kemenkumham Riau, Kamis (18/2/2021).***



Baca Juga