Pemprov Riau Sodorkan Nama Pj Dua Bupati ke Kemendagri

  • Selasa, 09 Februari 2021 - 21:39 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Sembari menunggu proses penetapan pejabat Bupati, hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan, pada Desember 2020 lalu, Pemerintah Provinsi Riau, saat ini telah menyerahkan berkas usulan calon Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hulu (Inhu) dan Kepulauan Meranti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Untuk mempercepat proses nya, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau H Sudarman saat dihubungi, Selasa (9/2/21) mengaku, sedang berada di Kantor Kemendagri di Jakarta.


''Hari ini kita telah menyerahkan berkas calon Pj Bupati Inhu dan Meranti. Ini kita sedang di Kemendagri,'' katanya.


Saat ini, sambung Sudarman, ada enam pejabat tinggi pratama (PTP) Pemprov Riau yang dicalonkan menjadi Pj Bupati di dua daerah itu. 

Lebih jauh, untuk beberapa calon itu, ada tiga calon Pj Bupati Inhu. Kemudian, ada tiga calon Pj Bupati Meranti.

Paska berkas diserahkan, Sudarman mengatakan, ia belum dapat memastikan  berapa lama proses pemeriksaan berkas hingga keluarnya SK Pj Bupati itu di Kemendagri.


Menurutnya, berkemungkinan prosesnya tidak jauh berbeda dengan Pj Wako Dumai beberapa waktu lalu.

''Itu, tergantung proses di Kemendagrinya. Kita tidak bisa memastikan,'' jelasnya. 

Sebelumnya, Kemendagri telah mrnginstruksikan Gubri H Syamsuar untuk menyiapkan dua Pj Bupati itu. Pasalnya dua daerah itu, pelaksanaan Pilkadanya berujung gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

Usulan calon Pj bupati itu karena tahapan pengumuman pemenang Pilkada serentak diperkirakan 19 Februari sampai 24 Maret 2021. Kondisi ini mengharuskan Gubernur Riau H Syamsuar menyiapkan calon Pj Bupati Inhu dan Meranti.

Khusus untuk Kepulauan Meranti dan Inhu ini, akhir masa jabatan bupatinya sampai 17 Februari. Karena itu harus disiapkan dua calon Pj bupati sesuai instruksi Mendagri.***



Baca Juga