Jawab Harapan Masyarakat, Syamsuar Minta Dibuatkan Aplikasi Pelayanan Covid-19

  • Jumat, 18 September 2020 - 20:49 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Provinsi Riau akan memiliki aplikasi layanan Covid-19. Untuk diakses masyarakat Riau.

Jika telah berjalan, nantinya aplikasi layanan Covid-19 ini diharapkan bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.


Layanan ini sebut Gubernur Riau,  Syamsuar bertujuan untuk memproses penanganan masyarakat yang terjangkit, agar dapat dirawat sesegera mungkin.


Artinya, dengan aplikasi ini nantinya, masyarakat yang terjangkit akan disiapkan tenaga kesehatan untuk menjemput atau mengarahkan dirawat atau dirujuk di tempat isolasi terdekat. 

''Jika telah dirancang, kami berharap aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat yang terpapar Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri,'' jelas Syamsuar, Jum'at (18/9/2020).

Selain itu, fungsi dari aplikasi ini nantinya juga bermanfaat bagi masyarakat. Karena, dokter juga bisa memberikan upaya penyuluhan.


''Aplikasi pelayanan Covid-19 yang akan kami buat ini, bermanfaat karena dokter bisa memberi penyuluhan. Kemudian, mengarahkan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri atau dirujuk di rumah sakit,'' ungkap Syamsuar.

Rencana peluncuran aplikasi ini, sambung Syamsuar, karena sejak pandemi Covid-19 muncul di Riau pihaknya banyak mendengar harapan masyarakat positif Covid-19 yang bertanya bagaimana bisa mendapat pelayanan rujukan di rumah sakit maupun isolasi mandiri.

''Sejak pandemi di Riau, handphone saya selalu sibuk melayani pertanyaan masyarakat soal Covid-19,'' sebut Syamsuar.

Maka, menjawab harapan masyarakat banyak, Syamsuar mengatakan, ia telah meminta Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau untuk segera menyiapkan aplikasi pelayanan Covid-19 tersebut.

''Kalau aplikasinya sudah dibuat, kami berharap masyarakat bisa langsung mendapatkan pelayanan Covid-19,'' pungkasnya.***



Baca Juga