Beredar Info Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan Jokowi, HK : Tidak Benar

  • Rabu, 16 September 2020 - 20:03 WIB


KLIKMX.COM PEKANBARU--Pihak kontraktor Hutama Karya (HK) angkat bicara, terkait informasi di hari Kamis (17/9/2020) akan diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dengan tegas, perusahaan konstruksi itu mengatakan, informasi itu tidak benar.

Pernyataan ini disampaikan, Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HM) M Fauzan, Rabu (16/9/2020) ini.


Artinya, M Fauzan memastikan bahwa jalan tol tersebut belum dibuka baik secara fungsional maupun operasional.


Fauzan menegaskan, terkait informasi yang beredar jalan tol telah difungsionalkan atau dioperasionalkan  adalah tidak benar.

''Tidak benar kabar jalan tol Pekanbaru-Dumai akan di resmikan Kamis ini oleh presiden,'' jelas Fauzan.

Fauzan mengatakan, pihaknya menyangkal waktu peresmian tol itu karena beredarnya kartu undangan peresmian nya di jejaring sosial.


''Terkait banyaknya informasi yang beredar jalan tol Pekanbaru-Dumai telah dibuka, dan akan diresmikan presiden. Kami kami selaku pengelola ruas tol ini menyatakan bahwa informasi tersebut adalah hoax,'' tegas Fauzan.

Sedangkan perkembangan terbaru progres jalan tol. Sebut Fauzan, saat ini seluruh konstruksi dan pembangunan jalan bebas hambatan itu telah selesai.

''Berbagai persiapan pengoperasian tol akan segera dilaksanakan,'' terang Fauzan. 

Pihaknya, sambung dia, sedang menunggu arahan pihak Kementerian PUPR terkait jadwal peresmian dan pengoperasian jalan tol.

Fauzan merincikan, sampai hari Rabu (16/9/2020) ini, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk pengoperasian ruas tol Pekanbaru-Dumai.

''Salah satunya dengan melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) sebagai penentu layak atau tidaknya sebuah jalan tol untuk dioperasikan,'' jelas Fauzan.

Sedangkan sebelumnya, sebut dia, ruas Tol Permai seksi 1 telah melewati masa ULF dan telah dibuka secara fungsional pada periode Lebaran 2020 lalu. 

Selanjutnya, menyusul seksi 1, seksi tol lainnya yakni dari seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) hingga seksi 6 (Duri Utara-Dumai) kembali dilakukan serangkaian ULF pada bulan Juli.

Alhamdulillah, saat ini juga pihaknya telah mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang terbit pada 9 September 2020 sehingga dapat dikatakan jalan tol Pekanbaru-Dumai ini layak untuk segera dioperasikan. 

''Kami berterima kasih atas dukungan dari Pemerintah dan masyarakat khususnya di Provinsi Riau. Sehingga pembangunan jalan tol ini dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti,'' kata Fauzan.

Sebelumnya, beredar kabar alan Tol Pekanbaru-Dumai, di hari Kamis tanggal 17/9/2020 ini akan diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Kabar ini diketahui setelah undangan peresmian tersebar melalui munculnya surat undangan, dengan kop surat MENTERI PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA, berlogo gambar Garuda.

Sedangkan isi surat itu, antara lain berisikan ''mengharapkan dengan hormat kehadiran Bapak/lbu/Saudara pada acara''. 

''PERESMIAN JALAN TOL RUAS PEKANBARU DUMAI oleh PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA''.

Menanggapi beredar nya surat undangan peresmian jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mengatakan, bahwa rencana peresmiannya ditunda.

Gubernur menyebutkan, pihaknya belum tahu sampai kapan waktu peresmian jalan tol Pekanbaru-Dumai yang pembangunannya disusun di masa kepemimpinan mantan Gubernur Rusli Zainal ini ditunda.

''Malam tadi kami sudah dapat beritanya,'' singkat Gubri. ***



Baca Juga