Jasad Al-Azhar Masuk Liang Lahat Keluarga dan Kerabat Bersedih



KLIKMX.COM, PEKANBARU--Iring-iringan keluarga dan kerabat serta para tetangga, hingga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau, bergerak dari Masjid Agung An-Nur, menuju ke tempat istirahat terakhir Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Al Azhar, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Air Dingin, Pekanbaru, Rabu (13/10/21). 

Rasa sedih yang dirasakan pihak keluarga, turut dirasakan para pelayat, yang ikut mengantarnya ke TPU.

Suasana semakin haru, tak kala jasad Al-Azhar dimasukkan ke liang lahat, yang berlangsung sekitar pukul 12.30 WIB.

Freego Oktober

Saat pelaksanaan solat jenazah, tidak hanya pihak keluarga. Diantaranya turut ikut melakukan fardu kifayah, sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan di Masjid Raya Annur Riau.

Imam yang menyolatkan Al-Azhar, langsung dilakukan anaknya, Irfan bin Al Azhar. Setelah menyelesaikan prosesi, almarhum langsung dibawa ke TPU Air Dingin, Kota Pekanbaru untuk dimakamkan. 

Sebelumnya, jenazah Almarhum Al Azhar disemayamkan di Balai Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, jalan Diponegoro Pekanbaru. 

Turut hadir, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, mantan Gubernur Riau Saleh Djasit dan Wan Thamrin serta sejumlah tokoh masyarakat, adat, agama serta Forkopimda Riau.

Wagubri mengatakan, sosok almarhum adalah orang yang baik dan aktif memikirkan masyarakat serta kemajuan daerah. 

Mantan Danrem ini, masih mengingat bahwa semasa hidupnya. Almarhum, sering menghubungi mengatakan jika ada hal-hal yang ingin dilakukannya untuk masyarakat. Karena itu, perjuangan beliau untuk masyarakat Riau sangat bagus.

"Kebetulan saya dan almarhum itu seumuran, kami lahir hanya berbeda tiga bulan," kata Wagubri.

 


Bahkan Edy Natar menceritakan kenangan bersama almarhum juga cukup banyak dari sebelum-sebelumnya. Ini bukan karena sekampung, tapi betul-betul dalam memperjuangkan kebesaran Melayu.

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi juga mengatakan, bahwa sosok Datuk Seri Al Azhar merupakan orang yang baik. 

Ia mengenal, bahwa amarhum merupakan Budayawan yang telah banyak memberikan ide-ide cemerlang untuk pembangunan provinsi Riau. Kemudian, Al-Azhar juga banyak memberikan tunjuk ajar bagi kemajuan Provinsi Riau. 

"Perjuanganganya untuk kesejahteraan masyarakat Riau juga telah banyak dilakukannya. Karena itu, kita akan melanjutkannya," kata Syamsuar.

Syamsuar juga mengajak semua pihak, untuk mendoakannya, semoga amal ibadah almarhum diterima disisi Allah Subhanahu Wa Taala dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, amin ya robbal alamin.***

Baca Juga