58 Hotspot Muncul di Riau, Terbanyak di Sumatera

  • Minggu, 07 Maret 2021 - 13:01 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU --Meski hujan deras mengguyur di hampir sebagian  besar wilayah Provinsi Riau, Sabtu (6/3/2021) kemarin. Namun tak mengurangi sebaran titik panas atau hotspot di Bumi Lancang Kuning.

Berdasarkan info prakiraan cuaca dan hotspot Provinsi Riau, Ahad (7/3/2021) sebanyak 77 hotspot terpantau di pulau Sumatera. Tersebar di 5 provinsi.


Diantaranya, Provinsi Jambi 2 titik panas, Sumatera Selatan 5, Kepulauan Riau 1, Bangka Belitung 11 dan terbanyak ada di Provinsi Riau, yakni 58 hotspot.


"Di Riau terdeteksi 58 hotspot, terbanyak di Sumatera," kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Bibin S, Ahad (7/3/2021) siang.

Tersebar di lima kabupaten kota, yakni Kepulauan Meranti 16, Dumai 2, Pelalawan 4, Inhu 2 dan hotspot terbanyak terpantau di Kabupaten Bengkalis yakni 34 titik panas. 

"Tersebar di sejumlah kecamatan yakni Bengkalis, Bantan, Pinggir dan Sungai Sembilan," sebut Bibin.


Sementara prakiraan cuaca pada umumnya cerah berawan. Curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat terjadi di sebagian besar wilayah Riau.

"Peringatan dini, waspada hujan lebat yang dapat disertai petir di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Siak, Bengkalis, Pelalawan dan Kuantan Singingi pada pagi, siang dan sore hari," tambahnya.

Sementara jarak pandang (Visibilty) di sejumlah wilayah masih terpantau aman, yakni Pekanbaru 5 Kilometer, Indragiri Hulu 6 Km, Dumai 2 Km dan Pelalawan 5 Km.***



Baca Juga