Apresiasi Jogja Bertanjak, Sri Sultan Hamengkubuwono X: Saudara Kami Riau Selalu di Hati

  • Senin, 13 Maret 2023 - 09:37 WIB


KLIKMX.COM, Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubowono X mengapresiasi pergelaran budaya "Jogja Bertanjak" yang ditaja Dinas Kebudayaan Provinsi Riau bersama Dinas Kebudayaan Yogyakarta di Gedung Performance Hall Fakultas Bahasa dan Seni dan Budaya Universitas Yogyakarta, Ahad (12/3/2023).

"Kolaborasi kebudayaan dua daerah Yogyakarta dan Riau selalu dinanti. Saudara kami Riau selalu di hati," ujar Sri Sultan Hamengkubuwono X Gubernur DIY dalam sambutannya pada pergelaran Yogya Bertanjak yang dibacakan Kadis Kebudayaan (Kunda Kebudayaan) DIY Dian Lakhsmi Pratiwi.


Sri Sultan menjelaskan, pergelaran Yogya bertanjak membuktikan ragamnya budaya yang dimiliki Indonesia. Kolaborasi ini merupakan peristiwa budaya untuk bangsa. 


"Saya mengajak masyarakat Yogyakarta untuk mengikuti pergelaran dua budaya Yogyakarta dan Riau ini. Mari nikmati indahnya budaya bangsa, " ajak Sri Sultan.

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal kolaborasi kebudayaan ini menyatukan keberagaman ekosistim budaya. 

Dikatakan Gubernur, tanjak tahun 2022 sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia berasal dari Riau. Simbol ini menguatkan kolaborasi budaya Yogya dan Riau.


"Dengan pergelaran Yogya bertanjak ini merajut dua budaya yang sudah menyatu sejak dahulu, " ujar Gubernur.

Kegiatan Jogja Bertanjak diisi dengan pergelaran budaya Riau dan Yogyakarta di Malioboro.

Selain Kadis Kebudayaan Yoserizal Zein, Kadis Kebudayaan Yogyakarta Dian Laksmi Pratiwi, pergelaran Yogyakarta juga di hadiri KRT Purbodiningrat, Budayawan Yogyakarta Aprinus Salam dan Charis Zubir dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau Erisman Yahya. mx6/rls

 

 

 

 



Baca Juga