Pakan Sulit, Beruang Mangsa Ternak Warga di Rohil

  • Kamis, 02 Februari 2023 - 16:41 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Seekor beruang dilaporkan memangsa ternak warga di Kelurahan Sedinginan, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Peristiwa ini tertangkap kamera CCTV warga, tampak beruang memasuki perkebunan masyarakat. Dari video yang dimiliki BKSDA Riau, pada video pertama penampakan beruang terekam dalam durasi 40 detik, dengan situasi di malam hari. 


Sedangkan, video kedua berdurasi 19 detik terjadi siang hari beruang muncul berjalan di area terbuka menuju hutan.


Kepala BBSKDA Riau Hartono menjelaskan, pihaknya menerima laporan beruang tersebut telah memangsa ayam ternak warga yang berada di dalam kandang.

"Beruang itu dilaporkan memasuki perkebunan warga Selasa tanggal 24 Januari 2023 kemarin," jelas Hartono, Kamis (2/2/2023).

Warga jelas Hartono, menyampaikan munculnya beruang tersebut terlihat selama tiga hari.


Usai dilaporkan, pihaknya bersama aparat pemerintah desa setempat, langsung turun ke lokasi menyampaikan sosialisasi agar warga tidak berbuat anarkis.

"Kami bersama aparat pemerintah desa agar tidak berbuat anarkis, karena beruang salah satu satwa yang dilindungi," jelas Hartono.

Hasil pengecekan, sebut Hartono, beruang tersebut diketahui muncul di kebun sawit dan karet warga.

"Pantauan kami beruang itu mencari pakan. Hal ini disebabkan sumber pakan di kawasan hutan sudah sulit ditemui," beber Hartono.

Sementara itu, melihat video kamera CCTV, beruang yang muncul merupakan kategori dewasa. "Dilihat dari video yang kami terima beruang yang muncul sudah dewasa," tutup Hartono. ***

 

 



Baca Juga