BPBD Riau: Banjir Rob di Kepulauan Meranti Dipicu Air Laut Naik

  • Selasa, 24 Januari 2023 - 16:39 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau meminta kabupaten/kota yang terdampak banjir menyiagakan semua sumber daya, baik personel maupun peralatan hingga mengaktifkan posko.

Hal ini disampaikan paska beberapa daerah di Kabupaten Kepulauan Meranti diterjang banjir rob, Senin (23/1/2023).


Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Riau Edy Afrizal menjelaskan, banjir ini terjadi diakibatkan meningkatnya intensitas air pasang sehingga naik ke darat. "Kami sudah menerima laporan terkait hal itu sudah diterima pihaknya di provinsi," ujar Edy Afrizal, Selasa (24/1/2023).


Paska kejadian, Edy mengatakan, tim gabungan sudah diturunkan ke lokasi memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. "Tim gabungan sudah turun ke lokasi memberikan bantuan ke masyarakat," sebut Edy.

Laporan terbaru, tim gabungan sudah melakukan penanganan terkait kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan korban terdampak.

Banjir yang terjadi di beberapa daerah di Meranti ini, jelas Edy, bukan kategori banjir besar. Di mana, terjadi naiknya air laut karena pasang besar yang dipengaruhi oleh curah hujan tinggi, terutama di wilayah pesisir Riau.


Sebelumnya, pihaknya juga mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi banjir rob di sana. "Sebelumnya sudah kita ingatkan warga, terutama terhadap analisa BMKG terhadap kondisi cuaca saat ini," pungkas Edy. ***

 

 



Baca Juga