687 PPS Dilantik, Ketua KPU Kuansing: Harus Jujur dalam Bertugas

  • Selasa, 24 Januari 2023 - 15:01 WIB


KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN - Sebanyak 687 Panitia Pemilihan Suara (PPS) tingkat kelurahan dan desa se Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Selasa (24/01/2023) resmi dilantik. Banyak harapan yang disematkan ke pundak para PPS yang rata-rata berusia muda ini.

Salah satu harapan itu terucap dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuansing Irwan Yuhendri. Menurutnya salah satu tugas berat yang menanti para PPS itu ialah pendataran masyarakat yang berhak untuk ikut pemilu.


‘’Yang mana, pihak PPS harus melakukan sosialisasi dan survey langsung ke masyarakat, agar pada pemilu 14 Februari 2024 nanti tidak ada masyarakat yang tertinggal dalam memberikan hak suara,’’ ungkap Irwan Yuhendri saat diwawancarai wartawan di lokasi acara Lapangan Limuno, Kota Teluk Kuatan, Kabupaten Kuansing.


''Sudah dilantik 687 anggota PPS, yang sebelumnya mengikuti tahapan seleksi yang cukup ketat. Usai ini mereka harus melalui tugas berat, salah satunya pendataan masyarakat yang berhak ikut pemilu,’’ ujar Irwan.

Dikatakanya, ini bukan tugas yang mudah. Untuk itu ia minta dapat menjaga kondisi badan prima dan harus jujur dalam menjalankan tugas.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuansing Suhardiman Amby melalui Sekda Dedy Sambudi berharap, dengan sudah dilantiknya para anggota PPS ini, segala sesuatu persiapan pemilu 2024, sudah harus dimulai, dengan harapan pemilu berjalan dengan lancar dan aman.


''Ya, kita minta agar segera bekerja untuk mempersiapkan segala sesuatu keperluan pokok persiapan pemilu. Kita berharap dengan kinerja bagus yang dilakukan PPS ini nantinya, pemilu 2024 bisa berjalan aman dan lancar di Kuansing,'' ujar Dedy Sambudi.

Sementara itu, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata mengharapkan, para anggota PPS yang baru dilantik ini, ke depannya bisa bekerja sama dengan pihak Kepolisian, dalam hal pencegahan pelanggaran hukum selama tahapan pemilu nanti.

‘’Kita minta kepada para PPS dapat berkoordinasi dengan para Bhabinkamtibmas di daerahnya masing-masing. Ujung tombak kita Kepolisian di desa adalah Bhabinkamtibmas,’’ ungkap Kapolres.

Jadi saat tahapan pemilu nanti, katanya, para PPS hendaknya dapat berkoordinasi dengan baik soal permasalahan pelanggaran hukum. Pihaknya akan bergerak cepat demi tercapai pemilu yang aman, lancar dan jauh dari kecurangan.

‘’Kita akan bergerak cepat, demi pemilu yang aman, lancar dan jauh dari kecurangan,'' pungkas AKBP Rendra.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kuansing Adam Sukarmis, Kajari Kuansing Nurhadi Puspandoyo, Komisioner KPU Provinsi Riau Firdaus, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kuansing, pejabat KPU Kuansing, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan undangan lainnya. ***

 

 



Baca Juga