Dua Anakan Harimau Terekam Kamera Trap di Siak

  • Selasa, 01 November 2022 - 16:29 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Dua anakan harimau tertangkap kamera trap yang sebelumnya dipasang di Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Riau Genman Suhefti Hasibuan SHut MM mengatakan, tangkapan kamera trap itu diambil pada Ahad (23/10/2022). Dia menjelaskan, hasil pengamatan pihaknya dan melihat ukurannya, dua harimau yang tertangkap kamera masih tergolong remaja.


"Hasil pengamatan petugas dua harimau yang tertangkap kamera trap masih remaja," jelas Genman, di kantornya, Selasa (1/11/2022).


Menurut dia, artinya penampakan dua anakan harimau menandakan adanya sosok induk harimau di sana. "Kami menyimpulkan ada induk harimau artinya jumlahnya tiga," kata Genman.

Pemasangan kamera tersebut, lanjut Genman, dilakukan menindaklanjuti laporan masyarakat yang mengabarkan adanya kemunculan harimau.

Karena itu, untuk mencegah terjadinya konflik antara manusia dan harimau, pihaknya memasang satu kamera dan box trap di lokasi yang diinformasikan dilintasi satwa dilindungi tersebut.


Genman menjelaskan, harimau sering muncul di sekitar lokasi disebabkan desa tersebut kecil, di mana warga yang tinggal di sekitar merupakan eks pekerja. "Warga yang tinggal di sana saat ini merupakan eks karyawan Hbh kalau tidak salah," sebut Genman.

Artinya, lanjut Genman, sejak dahulu masyarakat di sana sudah sering melihat kemunculan harimau. Lebih jauh sebut Genman, pihaknya tidak berharap harimau di sekitar hutan di desa tersebut, dan berharap pergi dari pemukiman warga.

Selain itu, harimau sering muncul karena warga setempat melepasliarkan hewan ternak di hutan desa. Sehingga memancing naluri harimau terhadap peliharaan kambing dan sapi warga.

"Kedatangan harimau ke lokasi, karena ketertarikan terhadap ternak warga yang dibiarkan berkeliaran di hutan," jelas Genman.

Menurut laporan anggota di lapangan, disebutkan satu Minggu pemasangan Box trap, dilaporkan umpan kambing sudah habis di makan. Namun, tidak ditemukan keberadaan harimau.

"Saat petugas datang terlihat pintu sudah tertutup, karena pintu box trap macet. Karena itu petugas di lapangan kembali memasang umpan di lokasi yang sama," tutup Genman. ***

 

 

 

 



Baca Juga