Temuan BPK di Dinas Perkim Bengkalis Belum Tuntas

  • Selasa, 09 Agustus 2022 - 16:36 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Kepala Inspektorat Kabupaten Bengkalis Radius mengatakan temuan BPK Perwakilan Riau atas tujuh kegiatan atau proyek yang kelebihan bayar di Dinas Perkim Bengkalis senilai Rp475 juta belum tuntas. Belum semuanya dibayarkan ke kas daerah.

“Sudah ditindaklanjuti. Bahkan sudah dilaporkan ke bupati (Bengkalis). Memang belum semuanya disetorkan ke kas daerah,’’ ucap Radius, Selasa (9/8/2022).


Saat ditanya, kegiatan mana saja yang sudah disetorkan ke kas daerah, Radius menjawab belum tahu.


“Kalau itu saya harus buka data dulu. Saya tidak hafal yang mana saja sudah mengembalikan ke kas daerah. Tetapi yang jelas, sebagian sudah ada yang mengembalikan ke kas daerah,” jawabnya.

Untuk diketahui, terdapat kelebihan bayar atas tujuh paket proyek di Dinas Perkim dan Pertanahan Bengkalis. Nilainya mencapai Rp475 juta. Temuan  itu berdasarkan pemeriksaan BPK RI Perwakilan Riau.

Adapun proyeknya yakni, Jalan Muara Buntu, Desa Bathin Sobanga (base B). Proyek tersebut dikerjakan CV RMP dengan anggaran Rp2,9 miliar. Dalam perjalanannya, ditemukan kekurangan volume pekerjaan senilai Rp46 juta.


Kemudian, peningkatan drainase Jalan Kelapapati Tengah Gang H Usman Kelan, yang dikerjakan CV DDA. Anggaran proyek senilai Rp199 juta.

Kekurangan volume juga terdapat pada pekerjaan lanjutan parit beton Gang Senyum Jalan Kelapapati Tengah Desa Kelapapati. Kegiatan dilaksanakan CV DTKT senilai Rp199 juta.

Lalu, proyek drainase di lingkungan RT 3 RW 6 Kelapapati Laut yang dikerjakan CV PP senilai Rp199 juta dan drainase Jalan Kelapapti Laut Gang Seremban Desa Kelapapati yang dikerjakan CV FBB senilai Rp199 juta.

Selanjutnya, peningkatan aspal hotmix Jalan Tegal Sari II, RT 5 RW 20, Air Jamban, Mandau dengan kelebihan bayar senilai Rp286 jutaan. Proyek ini dikerjakan CV AHK, anggarannya Rp1,9 miliar.

Terakhir, hotmix Jalan Makcik Gaya RT 6 RW 20, Air Jamban, Mandau dengan kelebihan bayar senilai Rp124 juta. Dikerjakan CV RC, nilai proyek Rp1,4 miliar.

Sementara temuan di Dinas Pendidikan Bengkalis, Radius menerangkan, bahwa hal tersebut telah diselesaikan semuanya.

“Kalau yang di dinas pendidikan sudah selesai semuanya. Yang Rp185 juta itu sudah disetorkan ke kas daerah,” terangnya. ***

 



Baca Juga