Ke Bawaslu, Irjen Pol M Iqbal: Dua Integritas Karakter Harus Berjalan Seimbang

  • Rabu, 12 Januari 2022 - 11:33 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU – Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad SIK MH melanjutkan safari silaturahminya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau, di Jalan Adi Sucipto, Pekanbaru. Setibanya, Jendral bintang dua polisi itu langsung disambut Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan SAg MPdI.

Pertemuan digelar di Aula Bawaslu Riau, bertepatan rapat anev pelaksanaan tugas Bawaslu tahun 2021 dan kesiapan tugas tahun 2022 yang diikuti oleh seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten se Provinsi Riau, Selasa (11/1/2022).


Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan SAg MPdI mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih dengan hadirnya Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal di kantor Bawaslu Riau.


“Terimakasih pak Kapolda, selamat datang kembali di Riau, kehadiran pak Kapolda bertepatan dengan kegiatan anev jajaran Bawaslu. Kami ingin minta masukan tentang evaluasi pelaksanaan kegiatan selama tahun 2021 dan planing ke depan untuk pelaksanaan kegiatan tahun 2022,” ungkap Rusidi.

Menurut Rusidi, selama ini Sentra Gakkumdu telah mendapatkan apresiasi besar dari Bawaslu pusat, karena prestasi dan inovasi yang sudah dilakukan.

“Capain prestasi ini tidak lepas dari peran serta aktif  kepolisian Polda Riau. Kami berharap kepada pak Kapolda, agar sinergi yang baik selama ini terus kita jalankan. Dengan pertemuan silaturahim yang baik ini, meneruskan dan ke depan akan terjalin kerja sama yang baik dan masukan dari Kapolda sebagai nahkoda bagi kami dalam bekerja,” ujar Rusidi.


Sementara, Irjen Pol M Iqbal mengatakan, dirinya memahami bagaimana posisi tugas Bawaslu dalam mengawal jalannya demokrasi.

“Saya paham betul bagaimana posisi tugas Bawaslu dalam hal mengawal pemilu, pertama melakukan pengawasan terhadap seluruh tahap proses penyelenggaraan pemilu dalam rangka pencegahan dan penindakan pelanggaran Pemilu. Kedua, menerima dan mengkaji laporan mengenai dugaan pelanggaran ketentuan administrasi pemilu dan dugaan pelanggaran ketentuan pidana pemilu,” ujar mantan Kadiv Humas Polri ini

Kapolda menilai Bawaslu sebagai mitra strategis kepolisian dan perlunya terus menjalin kerja sama.

“Tugas Bawaslu dan kepolisian untuk mendekat kepada masyarakat, kita harus paham tindakan tindakan kita aksi aksi kita harus bermanfaat bagi masyarakat. Rasa cinta dan rasa memiliki untuk provinsi Riau terus kita tumbuhkan dan saya berkomitmen untuk saling mengisi untuk proses demoktasi bersama Bawaslu,” ungkap perwira tinggi polisi yang sebelumnya menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat ini.

Kapolda juga menegaskan, pentingnya dua integritas karakter yang sangat dibutuhkan oleh Bawaslu dalam mengawal demokrasi, yakni karakter kerja dan akhlak yang harus berjalan seimbang.MX6/MXAR

 

 

 

 



Baca Juga