Kehilangan Pemberi Nasihat, Syamsuar Ajak Lanjutkan Perjuangan Al-Azhar

  • Rabu, 13 Oktober 2021 - 11:00 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, merasa kehilangan sosok Datuk Seri Al-Azhar, yang sering memberikannya nasehat selama ini. Ia mengajak, keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman dan kesabaran atas kepergian almarhum ini.

Saat melayat ke rumah duka, Syamsuar mengatakan, Datuk Al-Azhar ini di tengah kesehariannya selalu peduli terhadap adat, memperjuangkan hak-hak masyarakat adat.


“Kita tahu persis bagaimana perjuangan beliau memperjuangkan masyarakat adat. Beliau dekat dengan masyarakat, kelompok suku. Beliau termasuk orang yang mempererat hubungan kepada semua orang,” ungkap Syamsuar.


Kepergian beliau, lanjut Syamsuar, terasa mendalam. Sebab, beliau termasuk orang yang dibutuhkan, tetapi takdir berkehendak lain.

“Kita melanjutkan perjuangan, semoga beliau ditempatkan di surga jannatun na’im,” kata Syamsuar.

“Beliau yang semasa hidupnya peduli terhadap masyarakat kecil, tentunya kami memiliki kesalahan sebagai manusia memiliki kesalahan dan kesilapan. Dan kami mohon maaf,” kata Syamsuar.


Semasa dirinya mulai menjabat Gubernur, Syamsuar mengaku, sering telepon-teleponan dan beliau tidak segan memberikan masukan.

“Saya merasa kehilangan. Kita lanjutkan cita do'akan almarhum tenang di Alam barzah,” ungkapnya.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, terus didoakan anak yang Soleh dan Soleha. Mohon maaf kilaf dan salah kami selama bertemu dengan Atuk Al-Azhar,” sebut Syamsuar.

“Kita melepas Beliau, untuk di salatkan di Mesjid Agung An-Nur. Semoga dia Husnul khatimah,” doa Syamsuar.

Datuk Seri Al-Azhar, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA), meninggal dunia, Selasa (12/10/2021) di ruangan ICU, Rumah Sakit Awal Bros, Pekanbaru.
Informasi kepergian Datuk yang merupakan sastrawan, budayawan ini disampaikan anaknya, Ananda Irfan, putra dari Dt Seri Al-Azhar. 
“Innalillahi wainna ilaihi rojiun”.
12 Oktober 2021 Pukul 22.04 WIB, Ayah Irfan (Dt Sero Al azhar) berpulang ke rahmatullah.

“Mohon dimaafkan bila ada kesalahan yang terbuat dengan sengaja/tidak pada Bapak/Ibu, kakak/Adik sekalian”.
“Kami mohon dapat dibantu dengan doa terbaik untuk kepergian ayahanda tercinta kami ini. Irfan bin Al azhar”.
“Terima kasih atas segala support yang diberikan”.
Informasi serupa disampaikan, Ketua Dewan Pimpinan Harian LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar. Melalui telepon selulernya, ia mengatakan, saat ini berada di ruangan ICU RS Awal Bros Sudirman Pekanbaru.
“Almarhum berada di ICU Awal Bros. Saat ini pengurus LAM Riau juga berada di sini,” kata Syahril.
Pihaknya, dari keluarga besar LAMR sangat berduka mendalam dengan kepergian Al-Azhar.
“Kami sangat berduka dengan meninggalnya Datuk Seri H Al Azhar, semoga semua salah beliau diampunkan Allah,” kata Syahril.
Lanjut Syahril, ia siang tadi bersama-sama pengurus masih sempat menjenguk Al-Azhar yang masih dirawat di ruangan ICU.
Mengatasnamakan nama keluarga Syahril, mengatakan “kami” memohon maaf, jika selama hidupnya Datuk Al Azhar mempunyai salah.***



Baca Juga