Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan PWI Riau Sepakat Kolaborasi

  • Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:18 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Riau melakukan kunjungan ke Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau di Jalan Arifin Achmad Pekanbaru, Jumat (8/10/2021) lalu.

Branch Manager ACT Riau Nurdiansyah SSos MSi didampingi Head of Marketing, Marzuki dan Partnership Senior Armi Oktavia diterima langsung oleh Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang, Ketua Seksi Politik, Sosial dan Kemasyarakatan Armazi Yendra, Wakil Ketua Seksi Politik, Sosial dan Kemasyarakatan Elfi Alkhiri, serta Wakil Ketua Seksi Kerjasama Antar Lembaga, Nurul Qomariah. 


Nurdiansyah mengatakan, kunjungan kali ini selain silaturahmi juga ingin membahas program atau kegiatan yang bisa dikerjasamakan dengan PWI Riau.


ACT adalah organisasi nirlaba profesional yang memfokuskan kerja-kerja kemanusiaan pada penanggulangan bencana hingga sosial. Mulai fase darurat sampai dengan fase pemulihan pasca-bencana dan pemulihan ekonomi.

Organisasi ini awalnya hanya bersifat sukarela  yang didirikan pada 21 April 2005 silam. Kemudian berkembang hingga berbentuk yayasan dan lembaga kemanusiaan.

Kegiatan ACT tak hanya menyikapi solidaritas kemanusiaan dunia internasional, tapi juga persoalan kebencanaan nasional hingga lokal.


“Sudah banyak program yang dilakukan ACT cabang Riau ini,” ucap Nurdiansyah.

Seperti membantu sesama saudara muslim di Palestina, terjun langsung ke lokasi bencana alam di Kalimantan Tengah (Kalteng dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kemudian di lokal Riau memberi bea siswa kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu, bantuan pengobatan, sembako bagi warga terdampak pandemi, pemulihan ekonomi warga terdampak pandemi, layanan kesehatan dan kegiatan lainnya.
 
Misalnya, beberapa waktu lalu membantu bibit untuk budidaya ikan tapah bagi warga di Pelalawan, membantu bibit penananam pepaya, distribusi Alquran dan sembako.

“Dana bantuan kita dapat dari dermawan, sekarelawan, zakat dari orang-orang yang mampu, sehingga kita bisa menyalurkan bantuan kepada orang yang tidak mampu yang terdampak pandemi Covid-19 belakangan ini,” papar Nurdiansyah.

Nurdiansyah juga meminta dukungan PWI Riau dalam berbagai hal. "Harapan kami, PWI Riau dapat mendukung kegiatan ACT, baik berupa menghimpun zakat, sedekah atau bantuan dari donatur yang turut serta berperan ke masyarakat. Kami butuh dukungan tidak hanya distribusi tapi juga jaringan donasi,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini ACT Riau cabang utamanya berada di Pekanbaru, tepatnya di Jalan HR Soebrantas No 84C, Panam, Tampan. Sedangkan cabang lainnya berada di Kota Duri yang membawahi Kabupaten Rohil, Rohul dan Bengkalis.

Ke depan harapannya bisa mendirikan cabang-cabang ACT di seluruh daerah di Riau.  

Sementara itu, Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang menyambut baik kunjungan silaturahmi dari ACT cabang Riau.

Zulmansyah mengatakan, pada dasarnya PWI Riau terbuka dengan semua pihak. "PWI Riau welcome dengan semua pihak, dan kita juga terbuka untuk melakukan kerja sama tapi sifatnya konkret, kegiatan nyata ke depannya,” ucapnya.

Zulmansyah juga menjelaskan, PWI Riau merupakan satu dari empat organisasi wartawan yang diakui oleh negara dan Dewan Pers. 

Saat ini PWI Riau menaungi sekitar 1.100 wartawan yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Riau.

Terkait hal yang dapat dikerjasamakan dengan ACT Riau menurut Zulmansyah adalah publikasi kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh ACT Riau.
“ Publikasi atau pemberitaan bisa kita bantu. Silakan memberi informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan nanti kita bantu untuk diberitakan. Semakin banyak publikasi, semakin banyak orang tahu dan akan semakin yakin orang untuk berdonasi,” urai Zulmansyah. (*)



Baca Juga