Kabel Dicuri, Traffic Light Persimpangan Bundaran Dumai Mati

  • Selasa, 21 September 2021 - 14:15 WIB


KLIKMX.COM, DUMAI   --Jika sebelumnya pelaku penjarahan aset Pemerintah Kota Dumai mengincar baterai dan trafo lampu penerangan jalan umum, kali ini pelaku aksi kejatan mengincar kabel-kabel tanam yang menghubungkan lampu penerangan jalan dan traffic lihgt milik Pemko Dumai.

Aksi pencurian kabel lampu lalu lintas (traffic light) terjadi di lampu lalu lintas Bundaran Dumai  di Jalan. Soekarno Hatta, Jalan H.R. Soebrantas, Jalan Raya Bukit Datuk dan Jalan Putri Tujuh. 


Kejadian ini baru diketahui setelah beberapa hari lampu lalu lintas dilokasi kejadian tidak berfungsi sebagaimana meskinya. Pantauan di lapangan, Selasa (21/9), lampu lalu lintas tampak tidak berfungsi setelah kabelnya dicuri. Kondisi ini membuat arus lalu lintas di persimpangan tersebut menjadi terganggu dan membahayakan pengguna jalan.


Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai, Eko Wardoyo membenarkan adanya pencurian kabel lampu lalu lintas di persimpangan bundaran arah masuk ke Kota Dumai tersebut.  Dia mengatakan, pencurian kabel itu baru diketahui setelah pihaknya melakukan pengecekan di lapangan, Senin (20/9). Dari hasil pengecekan di lapangan, kabel itu dicuri dengan cara digali lalu dipotong. 

“Lebih kurang sepanjang 60 meter kabel traffic light di persimpangan Bundaran tersebut diambil oleh oknum tak bertanggung jawab,” ungkap Eko Wardoyo, Selasa (21/9/2021).

Pihaknya sangat menyayangkan aksi pencurian ini, karena dapat membahayakan keselamatan pengendara dan saat ini, pihak Dinas Perhubungan Kota Dumai tengah mengupayakan melakukan perbaikan terhadap lampu lalu lintas di persimpangan Bundaran agar secepatnya bisa berfungsi kembali.


“Saat ini kami sedang berusaha menghidupkan kembali lampu lalu lintas itu,” sebutnya.

Untuk itu, Eko Wardoyo mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Dumai yang melintasi persimpangan Bundaran Dumai di Jalan. Soekarno Hatta, Jalan H.R. Soebrantas, Jalan Raya Bukit Datuk dan Jalan Putri Tujuh agar lebih berhati  hati.

“Kita juga mengharapkan kepada masyarakat agar bersama  sama menjaga aset daerah yang telah terbangun,” tukas Eko.

Sementara itu Kapolres Dumai AKBP Muhammad Kholid ketika dikonfirmasi Klikmx.com melalui Kasat Lantas Polres Dumai AKP Fajri, Selasa (21/9/2021) mengaku belum mengetahui kejadian tersebut.

”Belum ada laporan kejadian pencurian tersebut dan sampau saat ini kita belum ada melakukan tindakan prosea hukum,” ujar AKP Fajri singkat.



Baca Juga