BLT Belum Disalurkan, Sekda Minta Dinsos Percepat Pendataan

  • Senin, 06 September 2021 - 21:12 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil meminta Dinas Sosial segera menuntaskan pendataan warga yang terdampak Covid-19. Pasalnya rencana pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga terdampak belum terealisasikan. 

BLT yang bakal diberikan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum disalurkan akibat terkendala data penerima. Dinas Sosial Kota Pekanbaru sejak beberapa pekan terakhir belum kunjung menuntaskan validasi data penerima bantuan. 


"Berapa jumlahnya, data ini yang belum kita dapatkan. Saya sudah perintahkan dinas sosial melakukan percepatan data," kata Jamil, Senin (6/9/2021). 


Menurutnya, Dinsos belum sepenuhnya mendapatkan data yang valid dari RT/RW di sejumlah kelurahan. Ia mengaku sudah mengingatkan sejak pekan lalu agar pendataan dilakukan percepatan. 

"Tadi saya tanya, mereka belum mendapatkan data. Nanti kita akan kita gesa lagi," terangnya. 

Ia menyebut, pendataan dilakukan secara real dan harus valid. Karena penerima BLT adalah warga miskin yang kepala keluarga nya terdampak Covid-19. 


Jumlah BLT rencananya di kisaran Rp1 juta per Kepala Keluarga (KK). Namun Jamil menyatakan jumlah ini masih perkiraan dan belum diputuskan. 

BLT yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Karena dana ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pekanbaru 2021.

Warga penerima bantuan adalah mereka yang memiliki kepala keluarga positif Covid-19 dan melakukan isolasi terpusat (Isoter) di fasilitas pemerintah. 

"Data itu betul-betul data real, dan betul-betul kepala kelurga yang susah, yang menjadi tulang punggung. Ini bantuan sosial yang diberikan pada keluarga yang tertimpa musibah," pungkasnya.***



Baca Juga