Suami Istri Pecahkan Rekor MURI Bupati Termuda se Indonesia

  • Senin, 09 Agustus 2021 - 16:25 WIB


KLIKMX.COM, INHU- Museum Rekor Dunia Indonedia (MURI) memberikan penghargaan kepada Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi SE, yang tercatat sebagai kepala daerah atau bupati perempuan termuda se Indonesia. Penobatan dan penyerahan piagam MURI tersebut berlangsung di Jaya Suprana School of Performing Arts MOI oleh Senior Manager Tim Rekor MURI, J Ngadri, Sabtu (7/8/2021).

Rezita Meylani Yopi, adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai Bupati Inhu. Perempuan kelahiran Desa Japura, Kecamatan Lirik tahun 1994 itu, dilantik sebagai Bupati Inhu pada 5 Juli 2021 yang saat itu baru berusia 27 tahun.


"Sebagai muslim, saya sangat bersyukur atas rahmat Allah dan senang atas pencapaian ini, dan semuanya saya persembahkan kepada seluruh masyarakat Inhu," ujar Bupati Inhu, Rezita Meylani, didampingi Asisten Administrasi Setda Inhu, Erlina Wahyuningsih.


Penghargaan ini lanjut Rezita, memiliki arti yang sangat penting, terutama bagi generasi muda. Ke depan, generasi muda harus mampu untuk berkarya, serta memberikan yang terbaik bagi daerah ini, tanpa mengabaikan nasehat para pendahulu dan orang yang lebih tua.


Dengan pencapaian ini sambung Rezita, dirinya berharap agar masyarakat Inhu semakin bersatu dan terus mengukir prestasi terbaik untuk Inhu menjadi lebih baik.


"Saya berharap, ke depan masyarakat Inhu menjadi semakin solid dalam memajukan Kabupaten Inhu, dan terus memupuk rasa memiliki terhadap daerah yang kita cintai ini. Mari kita ukir prestasi yang mampu membawa nama Inhu hingga ke tingkat nasional," pungkas Rezita.

                                                            Sang Suami Juga Raih Penghargaan Bupati Termuda

Pada tahun 2010 silam, MURI juga menobatkan sang suami Yopi Arianto SE, yang kala itu menjabat sebagai Bupati Inhu, sebagai bupati termuda di Indonesia dengan umur 30 tahun tiga bulan 23 hari. Penganugrahan penghargaan diserahkan perwakilan MURI, J. Nardi, bertepatan dengan pelantikan Yopi dan wakilnya Harman Harmaini, di Pematang Reba, Kabupaten Inhu, Riau.

Muri mencatat, penobatan ini sekaligus mematahkan rekor bupati termuda yang dipegang Rusdi Masse, Bupati Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan ini lahir pada 3 Maret 1973 atau lebih tua 7 tahun dari Yopi.

"Semuanya sudah diatur Yang Maha Kuasa dan tidak lepas dari peran orang tua serta dukungan sahabat. Saat berumur 29 tahun, saya diberi kesempatan menjabat sebagai anggota DPRD Riau. Pada usia 30 tahun, saya menjadi Bupati Indragiri Hulu," kata Yopi, kala itu.

Sementara itu, DR HM Rusli Zainal SE MP, yang kala itu sebagai Gubernur Riau dalam sambutannya pada pelantikan mengatakan bahwa terpilihnya Yopi tak terlepas dari kedewasaan berpolitik masyarakat Inhu. Hal itu juga bisa dilihat dari penyelenggaran pesta demokrasi yang berjalan aman dan tertib.

Rusli berharap usia bupati terpilih yang relatif muda bisa memberikan semangat untuk berlangsungnya pemerintahan dan program pembangunan untuk kemajuan di daerah.

"Saya harapkan saudara Bupati dan Wakil Bupati Inhu terpilih, dapat bersama-sama menjaga amanah ini dan mengakomodir aspirasi di tengah-tengan masyarakat, serta dapat mengimplementasikan program pembangunan," harap Rusli Zainal. MX/Antaranews.com



Baca Juga