Amankan PSU Inhu dan Rohul, 854 Personel TNI-Polri Diterjunkan

  • Minggu, 18 April 2021 - 09:05 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU --Untuk mengamankan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Indragiri Hulu dan Rokan Hulu. Sebanyak 854 personel terdiri dari TNI-Polri disiapkan melakukan pengamanan.

Seluruh personel gabungan ini nantinya akan mengamankan PSU, sesuai keputusan Makamah Konstitusi (MK) akan digelar pada Rabu (21/4/2021) mendatang.


Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSI dalam keterangannya, sesuai yang disampaikan Kabid Humas Kombes Pol Sunarto, Ahad (18/4/2021) mengatakan, seluruh personel itu nantinya akan disiapkan melakukan penjagaan di 26 TPS di Kabupaten Rohul dan Inhu.


''Seluruh personel itu, akan memberikan atensi khusus bagi pengamanan satu TPS di Inhu dan 25 TPS di Rokan Hulu," jelas perwira yang karib disapa Narto ini. 

Rincian dari 854 personel itu, 764 personel diantaranya merupakan anggota Polri, yang mana 194 diantaranya termasuk personel BKO Brimob.

Kemudian, untuk 90 personel TNI yang ikut terlibat merupakan dukungan bantuan dari Korem 031/ Wirabima.


''Pergeseran personel ini sesuai surat permintaan pengamanan dari KPU dan Bawaslu kepada Kepolisian,'' jelas Narto.

Selain pengamanan, pelaksanaan PSU ini, jelas Narto juga diiringi pembentukan Gakkumdu sesuai keputusan Bawaslu.

''Gakkumdu sudah ada sesuai Keputusan Bawaslu Provinsi Riau Nomor : 048/PP/.00.01/K/05/2021 tanggal 9 Apri 2021 telah ditetapkan Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Provinsi Riau Dalam Rangka Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Pada Provinsi Riau Tahun 2020,'' ungkap Narto.

Ia menegaskan, dalam pekerjaan nya, Tim Gakkumdu ini akan bekerja maksimal mendukung terselenggaranya PSU, yang jujur adil di kedua wilayah kabupaten ini.

Diujung keterangannya, mantan Kabid Humas Sultra ini menghimbau masyarakat dan semua pihak, agar bersama-sama mendukung terselenggaranya PSU dikedua wilayah tersebut dengan aman dan tertib.

''Himbauan kami, dan mengajak semua pihak, mari bersama sama kita dukung penyelenggaraan pemilihan suara ulang ini agar berjalan dengan aman dan tertib dengan menjalankan ptotokol kesehatan secara ketat, untuk menghindari penyebaran virus covid-19, yang memiliki hak suara silahkan gunakan hak suaranya dan kami jamin keamanannya,'' pungkasnya.***



Baca Juga