Pemko Pekanbaru Gencarkan Vaksinasi Massal, 5 Bus Vaksin Keliling Diluncurkan

  • Senin, 31 Mei 2021 - 18:47 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus berupaya dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Salah satu upaya yang gencar dilakukan saat ini vaksinasi massal Covid-19. 

Vaksinasi massal telah digelar di sejumlah tempat sejak beberapa waktu lalu. Vaksinasi massal ini menyasar sejumlah kelompok penerima vaksin yang menjadi prioritas. 


Selain itu Pemko Pekanbaru juga telah meluncurkan lima unit bus vaksinasi keliling. Bus ini dapat menyasar calon penerima vaksin Covid-19 hingga ke pemukiman warga. 


Lima bus vaksin keliling ini diluncurkan langsung oleh Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT, di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Kamis (27/5/2021) kemarin.

Turut didampingi Wakil Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi, dan sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru, kegiatan peluncuran berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, bahwa peluncuran bus vaksin keliling ini sebagai upaya pemerintah kota dalam percepatan vaksinasi covid-19. Hal ini juga ikhtiar pemerintah kota dalam memerangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang masih mewabah. 


Selain melaksanakan vaksinasi massal di sejumlah tempat, bus vaksin ini diharapkan dapat memudahkan calon penerima vaksin untuk mendapatkan vaksin. 

"Bus ini nanti dapat menjangkau hingga ke tingkat lurah dan RT/RW. Menyentuh langsung ke pemukiman masyarakat," terang Firdaus. 

Ia menilai, kehadiran bus vaksin keliling ini membantu kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dalam memperoleh vaksin. Apalagi lansia ini cukup sulit untuk bepergian jauh. 

Nantinya lansia cukup menanti dirumah mereka untuk penyuntikan vaksin. Tim Satgas bersama vaksinator menyasar mereka dengan Bus vaksinasi keliling ini. 

Karena memang dengan sesuai prioritas nya, Bus vaksin keliling ini diperuntukkan bagi kelompok lansia. Kemudian ada kelompok guru, rohaniwan, dan pekerja ekonomi. Masyarakat cukup menunjukkan identitas diri berupa KTP agar dapat memperoleh vaksin. 

"Vaksin ini untuk membangun imun, kekebalan secara massal. Maka vaksinasi ini wajib," jelasnya. 

Menurutnya, lima bus vaksinasi keliling ini bagian dari sosialisasi. Bus beroperasi keluar masuk perumahan, sehingga warga tahu mengenai vaksin dan guna vaksin. 

Bus ini melakukan vaksinasi secara mobile. Bus pertama beroperasi di wilayah Barat yakni Kecamatan Tuah Madani dan Kecamatan Binawidya. Bus kedua di wilayah Selatan untuk Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Marpoyan Damai. Bus ketiga di wilayah Utara untuk Kecamatan Payung Sekaki, Senapelan, Sukajadi, dan Pekanbaru Kota. 

Kemudian, bus keempat beroperasi di Kecamatan Rumbai, Rumbai Barat, dan Rumbai Timur. Bus kelima berkeliling di Kecamatan Tenayan Raya, Kulim, Sail, dan Limapuluh.

Ia mengungkapkan, target pemerintah Kota Pekanbaru hingga akhir tahun dapat melakukan vaksinasi bagi 730.000 penduduk Pekanbaru, atau sekitar 70 persen dari total penduduk Pekanbaru. 

Sementara jumlah warga yang telah divaksin baru berkisar 100.000 penduduk Pekanbaru. Artinya masih ada sekitar 630.000 warga lagi yang harus divaksin. 

Ia juga memasang target kepada Satgas untuk setidaknya melakukan vaksinasi terhadap 100.000 warga setiap bulannya. 

"Ini untuk mengejar target kita sampai akhir tahun ini. Kita juga sudah meminta kepada menteri kesehatan dan juga bapak Presiden untuk vaksin tambahan," ulasnya. 

Pemerintah Kota meminta vaksin tambahan 100.000 dosis setiap bulannya, dan diharapkan permintaan ini diakomodir sepenuhnya oleh pemerintah pusat. 

Satgas sendiri saat ini, selain melakukan vaksinasi massal di sejumlah tempat, vaksin reguler juga terus berjalan. 

Vaksin reguler ini dikatakan Firdaus berlangsung di 21 Puskesmas dan rumah sakit pemerintah, swasta dan klinik yang telah dikerjasamakan. 

Firdaus juga mengimbau agar pasien positif tanpa gejala atau OTG harus menjalani isolasi dengan baik. Mereka diimbau melakukan isolasi mandiri secara maksimal. Satgas Covid-19 kelurahan diminta untuk tetap melakukan pengawasan bagi OTG. (Advetrorial)

Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT memberikan sambutan dalam acara pelepasan Bus vaksin keliling.

 

Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT menyaksikan penyuntikan vaksin perdana di dalam Bus vaksin keliling.

 

Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT didampingi Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi melambaikan tangan kepada tim Bus vaksin keliling.



Baca Juga