Penanganan Korban Banjir Oleh Pemkab Rohul Diapresiasi Gubernur Riau

  • Rabu, 29 Desember 2021 - 23:06 WIB


KLIKMX.COM, ROKAN HULU--Sikap tanggap yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam menangani musibah banjir di beberapa Kecamatan di Kabupaten Rohul mendapatkan apresiasi dari Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M. Si.

Apresiasi yang disampaikan oleh Gubernur Riau Drs. Syamsuar, M. Si itu, saat kunjungannya ke Rohul dalam rangka peninjauan dan sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir, Ahad (26/12).


Saat kunjungannya, Gubernur Riau Syamsuar yang didampingi Kepala BPBD Riau M. Edy Afrizal, SE.MH, Wakil Pimpinan DPRD Riau H.Syaparudin Poti disambut Bupati Rohul H. Sukiman, Wabup H. Indra Gunawan,  Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto dan Plt Kepala BPBD Rohul Afrizal, serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohul.


Usai meninjau Posko di depan PMI, Gubernur Riau Bersama Rombongan melanjutkan peninjauan ke Posko Tanggap Bencana banjir di Dusun Sejati Desa Surau Munai Kecamatan Rambah Hilir, yang sampai saat ini masih direndam banjir.

Diposko tersebut, Gubernur Riau Syamsuar juga menyerahkan Bantuan makanan siap saji beserta obat obatan untuk dibagikan kepada warga yang terdampak bencana banjir.

"Tim Satgas bencana Kabupaten Rokan hulu sudah bergerak cepat dalam mengahadapi bencana ini. Dan kita sangat mengapresiasi itu,"kata Gubernur Riau saat menyampaikan hasil peninjuannya.


Syamsuar menjelaskan bahwa Bencana Banjir di Rohul ini, merupakan bencana tahunan. Namun dalam hal ini Satgas Bencana Rohul tampak sudah siap dalam menghadapi bencana ini. Oleh karena itu, untuk segala sesuatunya jika membutuhkan bantuan dari Provinsi Riau maka pihaknya siap membantu.

"Termasuk dua rumah di Surau Munai yang rentan terhadap Banjir. Jika mereka bersedia dipindahkan, kita akan  sediakan perumahannya,"ungkap Syamsuar.

Ditempat yang sama, Bupati Rohul H. Sukiman mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan Gubernur Riau Syamsuar beserta Rombongan dalam meninjau dan memberikan bantuan bagi korban yang terdampak banjir di Rohul.

Dimana, dirinya berharap juga perhatian pemerintah Provinsi Riau dalam membantu Kabupaten Rokan Hulu untuk menyelesaikan permasalahan terkait Bencana Alam Banjir ini.

"Ucapan terimaksih kami untuk pak Gubernur. Kami merasa sangat terbantu dengan apa yang dilakukan Gubernur, termasuk menyediakan lahan bagi korban banjir di Surau Munai tadi,"tutupnya.

Diakui Sukiman, sejauh ini, Pemerintah daerah telah mengambil langkah-langkah dalam upaya mengurangi resiko dampak bencana banjir dengan melakukan evakuasi terhadap warga ke Posko yang sudah disediakan.

Sukiman menegaskan kepada OPD terkait, ditengah banjir yang kini merendam rumah penduduk, bagaimana kebutuhan bahan makanan dan minuman terhadap korban banjir harus terpenuhi. Mengingat disaat banjir terjadi, warga tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasa.

‘’Kondisi masyarakat kita dalam keadaan baik. Pemerintah daerah menjamin stok untuk kebutuhan makanan dan minuman di drop ke lokasi pengungsian. Kita fokus bagaimana masyarakat terselamatkan dengan dilakukan evakuasi dan kebutuhan sembako sudah tersedia termasuk tenda pengungsian yang dibutuhkan,’ ’terangnya

Usai melakukan peninjauan, Gubernur Riau dan rombongan dijamu oleh Bupati Rokan Hulu untuk makan siang bersama di Kediamannya di Rumah Dinas Bupati Rokan Hulu. 

Sebelumnya, Tim dari Pemkab Rohul juga sudah melakukan evakuasi bagi warga yang terdampak banjir. Selain itu, bersama PMI Rohul juga sudah mendirikan Dapur Umum di depan Markas PMI di Jalan Diponegoro, bagi warga yang terdampak banjir. 

Ketu PMI Rohul Hj. Peny Herawati mengatakan, kondisi darurat seperti ini, selain mengevakuasi warga, yang pertama harus dijamin adalah makanan, masyarakat tidak boleh lapar, apalagi di situasi banjir seperti sekarang akan rentan sekali warga kita terkena penyakit.

Peny menjelaskan, dalam pendirian dapur umum ini, PMI meminjam 1 unit mobil dapur umum milik Dinas Sosial. Sementara PMI menyiapkan semua logistik untuk dimasak.

Adapun logistik yang disiapkan PMI yakni 1 ton beras, 240 kaleng ikan sarden, 50 kotak minyak goreng, makanan balita, dan susu bayi.

"Setelah dimasak, makanan dari dapur umum ini akan didistribusikan ke rumah-rumah warga yang terkena banjir,"tutupnya, berharap banjir segera berlalu. (ADV)
 

GALERI

Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak banjir.

 

Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan bantuan paket sembako kepada Kepala Desa Rambah Hilir Timur


Gubri H. Syamsur dan Bupati Rohul H. Sukiman beserta rombongan melakukan peninjauan di lokasi banjir di Desa Rambah Hilir Timur.

 

Bupati Rohul H. Sukiman dan Ketua PWI Rohul H. Peny Herawati ikut membantu petugas memasak di Dapur Umum, untuk warga terdampak banjir.

 

Gubri H. Syamsuar, Bupati H. Sukiman dan Anggota DPRD Riau H. Syafaruddin Poti beserta rombongan foto bersama di Posko di depan Markas PMI Rohul.

 

Gubri H. Syamsuar, Bupati H. Sukiman dan Anggota DPRD Riau H. Syafaruddin Poti beserta rombongan foto bersama di Posko di depan Markas PMI Rohul.

 

 

 



Baca Juga