RIJ Pekanbaru Jadi Percontohan Kabupaten dan Kota Lain

  • Selasa, 05 April 2022 - 15:17 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Rencana Induk Jalan (RIJ) Kota Pekanbaru menjadi percontohan dari sejumlah kabupaten/kota di Indonesia. Terakhir, Pemerintah Kota (Pemko) Jambi yang melakukan kunjungan langsung ke Kota Pekanbaru pertengahan Maret 2022 kemarin. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, melalui Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Khairunas mengatakan, RIJ Kota Pekanbaru yang dicontoh oleh Pemko Jambi adalah RIJ di kawasan Tenayan Raya dan juga Rumbai.


"Kondisi kota Pekanbaru hampir sama dengan Jambi dimana terminalnya berada di pusat kota juga, inilah yang menjadi pertimbangan dari mereka untuk mencontoh RIJ kita," kata Khairunas, Selasa (5/4/2022). 


Menurutnya, untuk RIJ Pekanbaru semua bermuara ke jalan lingkar. Seperti halnya pembangunan jalan di kawasan Tenayan Raya ini.

Khairunas juga menambahkan RIJ juga mendukung pengembangan kota. Karena masyarakat tentu akan berpindah ke wilayah baru.

"Selain Tenayan Raya, kita juga tadi menjelaskan mengenai RIJ Rumbai. Yang pembangunannya juga mengarah ke jalan lingkar," pungkasnya. 


Dishub Kota Pekanbaru sudah membuat RIJ berjangka 25 tahun ke depan. RIJ ini sudah terlihat di Kecamatan Tenayan Raya dan Kecamatan Rumbai. Dimana, jalan dan bentuk dengan skema ujungnya menuju jalan lingkar ke tol.

Khairunas menjelaskan, kondisi Kota Pekanbaru juga memiliki terminal di dalam kota. Sementara jalan lingkar akan berada di pinggiran kota untuk mencegah bus dan truk tonase besar masuk ke dalam kota.

"Sehingga nanti juga bisa mengurai kemacetan," jelasnya

Ia menjelaskan, pembangunan RIJ dilakukan dengan sistem lelang. Dikarenakan Dishub Kota Pekanbaru membutuhkan konsultan yang benar-benar lihai dalam bidang transportasi.

"Kita harus lelang, tidak bisa main tunjuk. Karena pembangunannya tentu harus dengan konsultan yang lihai dan benar-benar paham bidang transportasi," pungkasnya. (Adv)

 

Pemko Jambi melakukan studi tiru ke kantor Dishub Pekanbaru terhadap RIJ Pekanbaru.

 

Jalan lingkar Tujuhpuluh di Kecamatan Tenayan Raya.

 



Baca Juga